(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Lingkungan Pura Dalem Sangsit

Admin dispar | 29 April 2019 | 1557 kali

Lingkungan Pura Dalem Sangsit adalah sebuah pura yang terletak sekitar 8 km dari Singaraja, Bali dan sekitar 500 m dari Sangsit. Pura ini diperuntukkan bagi dewa-dewi Hindu di kala orang meninggal. Pura ini terletak di dekat sebuah kuburan. Relief pura ini terutama menceritakan mitologi Bali Bima swarga atau Bima di kahyangan, yang merupakan bagian dari wiracarita Mahabharata. Di sini diceritakan bagaimana perjalanan Bima ke neraka dan surga dalam rangka mencari ibunya.


Masyarakat Bali tak bisa dilepaskan dari kegiatan peribadatan dan tentunya tempat peribadatan itu sendiri. Adalah Pura Dalem Sangsit merupakan salah satu pura yang memiliki daya tarik tersendiri. Yang paling menonjol dari pura ini yakni relief yang terdapat pada tembok luar pura tersebut yang menggambarkan cerita Bima Swarga. Secara umum, dalam cerita ini menggambarkan adanya hukuman imbalan yang diterima oleh setiap orang pasca yang bersangkutan meninggal dunia.


Misalnya saja, hukuman kelak setelah seseorang mati dimana ketika ia di dunia melakukan perbuatan perzinahan atau pembunuhan. Dalam relief ini juga terkandung makna filosofis mengenai hak dan kewajiban umat Hindu. Misalnya, ada penggambaran seorang wanita yang mesti menyusui seekor ulat raksasa karena tidak mampu memberikan keturunan.

Keunikan dari tempat ini adalah Makna Relief
Karena terjangan umur, tak heran di beberapa bagian reliefnya sudah tampak kabur, meskipun di beberapa bagian lainnya masih nampak jelas. Berada di lingkungan pura ini tak selamanya menjamin suasana tenang dan menentramkan, karena ada beberapa patung yang berwajah seram sebagaimana umumnya terdapat di lingkungan pura dimana ada kaitannya dengan kematian. Dengan patung-patung menyeramkan tersebut, disatu sisi memberikan keseraman namun disisi lainnya juga menambah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang.

Download disini