(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Air Terjun Sekumpul - Wisata Alam Tersembunyi di Bali

Admin dispar | 20 Januari 2015 | 1509 kali

Anda pastinya sudah tahu, salah satu hal utama yang membuat pulau Bali menjadi destinasi wisata karena keindahan pantai pasir putih dan sebagian besar pantai pasir putih di Bali terletak di Bali selatan.

Sedangkan Bali bagian utara lebih terkenal dengan wisata alam perbukitan dengan air terjun yang masih alami, serta wisata melihat lumba-lumba di pantai Lovina.

Tentunya jika hanya ingin melihat pemandangan bukit, pastinya tidak harus liburan ke Bali. Lalu bagaimana dengan air terjun terindah di Bali?

Kabupaten Buleleng Bali Utara adalah tempat yang harus anda kunjungi jika ingin melihat air terjun terindah di Bali yang masih alami.

Kabupaten Buleleng, memiliki lebih dari satu lokasi air terjun. Berikut ini daftar nama air terjun di Kabupaten Buleleng.

Air Terjun Gitgit
Air Terjun Lemukih
Air Terjun Munduk
Air Terjun Sekumpul
Untuk saat ini air terjun di Bali yang lagi sering di bicarakan dan sedang trend dikalangan wisatawan mancanegara adalah air terjun Sekumpul dan masuk dalam kategori air terjun tersembunyi di Bali Utara. Anda ingin tahu kenapa?

Daya Tarik Wisata Air Terjun Sekumpul Bali
Daya tarik utama membuat wisata Air Terjun Sekumpul terkenal sampai kemancanegara karena ditempat wisata air terjun Sekumpul, Anda tidak hanya dapat melihat satu atau dua air terjun melainkan lebih dan masih dalam kategori air terjun tersembunyi di Bali Utara, karena perlu usaha esktra untuk mencapai lokasi air terjun.

Sesuai dengan namanya air terjun Sekumpul terdiri dari sekumpulan air terjun, dengan jumlah mencapai tujuh air terjun. Maka dari itu air terjun sekumpul dinamai oleh warga asing dengan nama lain sevent point waterfall, sedangkan orang lokal desa Sekumpul menyebut dengan nama air terjun Pemuatan.

Dari tujuh air terjun yang ada, hanya dua air terjun yang jaraknya dekat dengan jalan utama. Sedangkan yang lagi lima, anda perlu usaha ekstra untuk mencapai lokasinya.

Pada saat musim hujan kedua air terjun ini akan memiliki warna air yang berbeda, yang sebelah kiri airnya akan berwarna jernih dan bersih, karena berasal dari mata air yang letaknya diatas perbukitan desa Sekumpul.

Sedangkan air terjun yang sebelah kanan akan berwarna keruh kecoklatan, karena airnya berasal dari sungai yang ada di desa Sekumpul.

Aktifitas yang dapat anda lakukan selain melihat pemandangan air terjun dan pegunungan yang masih sangat alami, anda juga dapat melakukan sesi foto prewedding dengan latar belakang air terjun, atau hanya sekedar foto-foto bersama teman atau keluarga.

Lokasi Air Terjun Tersembunyi Di Bali Utara
Lokasi dari air terjun sekumpul berada di desa Sekumpul, kecamatan Sawan, kabupaten Buleleng Bali. Berjarak kurang lebih 76 km dari kota Denpasar dan 20 km dari kota Singaraja, dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam dari kota Denpasar.

Karena letak lokasi dari air terjun di desa Sekumpul sangat jauh, untuk menghindari kecapean mengemudikan mobil, maka kami sarankan anda mencari jasa sewa mobil plus driver di Bali.

Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi dan melihat pemandangan air terjun Sekumpul sambil melakukan aktivitas trekking, sebaiknya anda melakukannya di pagi hari. Waktu yang tempat untuk memulai perjalanan sekitar jam 07:00 – 08:00 pagi.

Anda pasti bertanya kenapa harus mengunjungi air terjun Sekumpul di pagi hari?

Ada alasan kenapa saya menyarankan anda untuk mengunjungi air terjun Sekumpul di pagi hari, karena peluang hujan di pagi hari lebih kecil dibandingkan dengan di sore hari.

Jika terjadi hujan, jalan yang akan anda lewati menjadi licin dan perlu ekstra hati-hati untuk melewati jalanan setapak yang licin.

Karena letaknya yang jauh dari objek wisata di Bali selatan dan memakan waktu perjalanan sekitar 3 jam dari Kuta Bali untuk mencapai lokasi air terjun Sekumpul. Hal ini mengaruskan anda sudah berangkat dari Kuta Bali sekitar jam 4 pagi.

Emm jam 4 pagi, terlalu pagi bagi sebagian orang untuk bagun tidur. Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini tanpa harus bangun jam 4 pagi.

Jika anda tidak ingin bangun pagi, anda dapat berangkat di sore hari dan menginap di hotel Omunity Sudaji Bali dan melakukan Sekumpul waterfall trekking keesokan harinya.