(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

GENCARKAN PROMOSI PARIWISATA DI BULELENG, DISPAR BULELENG LUNCURKAN TIGA PROGRAM BARU!

Admin dispar | 14 Januari 2022 | 190 kali

Peningkatan kapasitas teknologi internet dan media digital yang semakin tinggi membuka peluang yang lebih luas terutama berkaitan dengan fungsinya sebagai alat dan media pemasaran. Konsep digital marketing dengan pemanfataan media digital menjadi salah satu cara promosi yang dapat digunakan dalam menyebarkan informasi kepariwisataan agar sebaran informasi dapat dijangkau lebih luas baik itu kepada wisatawan domestik maupun mancanegara sekaligus sebagai alternative cara pemasaran di masa pandemi ini.

Hal tersebut yang mendasari Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng melalui Bidang Pemasaran meluncurkan 3 program baru yaitu diantaranya WOW Buleleng (Weekend On Wonderland Buleleng), Jegeg Biker on Location dan BUNGKUS (Belanja Langsung Diskusi). Ketiga program ini terlahir dari niat untuk mengembangkan potensi pariwisata di Buleleng dengan cara mengkemasnya dalam sebuah konten yang menarik serta mengedukasi dengan tujuan mempromosikan potensi pariwisata di Kabupaten Buleleng dimulai dari Destinasi Wisata, Kuliner, UMKM, Hotel serta seluruh sektor pendukung pariwisata lainnya.

Program Weekend On Wonderland (WOW) Buleleng merupakan konten bermuatan kegiatan jalan-jalan atau berkunjung ke Destinasi Wisata yang ada di Kabupaten Buleleng. Program WOW Buleleng nantinya akan memberikan informasi seputar tempat-tempat wisata tersebut. Disisi lain, Program Jegeg Biker on Location memiliki konsep PODCAST. Podcast merupakan trend baru sejak dua tahun lalu yang banyak dilakukan oleh konten creator dimana Podcast merupakan sebuah sesi diskusi antara dua orang mengenai sebuah topik. Sejak tulisan ini dipublikasikan, konten podcast Jegeg Biker on Location telah mengunggah satu episode yaitu “Gerbang Pertama Soenda Ketjil” yang dilakukan di Museum Soenda Ketjil, Pelabuhan Tua Buleleng. Program ketiga berjudul BUNGKUS direncanakan akan dikemas dalam bentuk Vlog yang akan mengeksplor seputar usaha UMKM di Kabupaten Buleleng mulai dari Kuliner hingga cinderamata. Pembuatan program baru ini tak terlepas dari dukungan pimpinan Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos., M.Si sangat mendukung adanya produktivitas dalam mempromosikan pariwisata di Buleleng ini. Dody mengungkapkan bahwa setiap harinya akan ada konten yang terunggah di seluruh platform social media yang dimiliki oleh Dispar. “Nantinya kita akan unggah konten berupa foto dan video, bisa tentang DTW atau akomodasi seperti hotel dan villa. Selain itu konten yang diberikan haruslah bersifat PIE yaitu Promosi, Informatif serta Edukatif” imbuh Dody.