(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Megahnya Air Terjun Kembar Banyumala, Sepotong Surga di Bali Utara

Admin dispar | 25 November 2022 | 65 kali

Buleleng - Kabupaten Buleleng memiliki beberapa air terjun indah dan populer di kalangan wisatawan domestik hingga mancanegara. Salah satunya yakni Air Terjun Kembar Banyumala atau Banyumala Twin Waterfall. Air terjun Banyumala terletak di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

Udara di sekitar Air Terjun Banyumala sangatlah sejuk, karena lokasinya berada di ketinggian. Di sekeliling jalan menuju air terjun, dipenuhi dengan kebun warga sehingga menambah keasrian tempat ini.

Ada juga aneka bunga yang ditanam oleh warga setempat yang dominan berprofesi sebagai petani mempercantik Air Terjun Banyumala.

Daya Tarik Air Terjun Banyumala
Menuju ke Air Terjun Banyumala, traveller harus trekking terlih dahulu. Namun tenang saja, begitu sampai di lokasi, kemegahan Air Terjun Banyumala langsung menyambut. Segala rasa letih dalam perjalanan seketika terbayarkan dengan keindahan yang ditawarkan oleh air terjun kembar ini.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 37 meter ini tampak mempesona. Air terjun ini diselimuti oleh tumbuhan hijau yang membuatnya terlihat asri dan menawan.

Selain itu di bawahnya juga terdapat kolam alami yang sering digunakan wisatawan untuk bermain air mulai dari berendam, berenang maupun mengabadikan momen. Kedalaman kolam tersebut diperkirakan mencapai 2 meter, sehingga aman digunakan untuk aktivitas berenang.

Ketua Kelompok Pengelola Air Terjun Banyumala, Putu Sukadana mengatakan daya tarik wisata (DTW) Air Terjun Banyumala pertama kali dibuka untuk wisatawan pada tahun 2015 silam. Air terjun banyumala saat ini sudah menjadi destinasi wisata populer yang sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Walaupun sempat terkena dampak pandemi COVID-19, saat ini Air Terjun Banyumala perlahan mulai bangkit. Tingkat kunjungan wisatawan mulai mengalami peningkatan kembali sebanyak 50 persen. Rata-rata sebanyak 150 wisatawan asing berkunjung per harinya.

"Tingkat kunjungan setelah pandemi mulai membaik, dihitung dari bulan Juni ada peningkatan sebanyak 50 persen, rata-rata 100 sampai 150 wisatawan berkunjung, itu untuk bulenya saja," kata Putu Sukadana saat ditemui detikBali, Minggu (20/11/2022).

Akses dan Rute
Untuk bisa sampai di Air Terjun Banyumala, traveller disarankan menggunakan sepeda motor. Jika ditotal jaraknya sekitar 27 kilometer atau ditempuh selama 1 jam perjalanan dari pusat Kota Singaraja.

Setelah menaruh kendaraan di parkiran, traveller juga harus trekking serta menuruni puluhan anak tangga yang terbuat akar tanaman. Sehingga ketika hujan harus ekstra hati-hati, sebab kondisi jalan akan cukup licin untuk dilewati.

Harga Tiket
Adapun tiket masuk ke Air Terjun Banyumala dikenakan biaya Rp 20 ribu per orang. Sedangkan wisman Rp 30 ribu per orang.


Sumber : https://www.detik.com/bali/wisata/d-6416816/megahnya-air-terjun-kembar-banyumala-sepotong-surga-di-bali-utara