(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

"Dodol Pengelatan" Khas Buleleng Yang Kaya Akan Cita Rasa

Admin dispar | 07 September 2022 | 131 kali

Dodol merupakan makanan khas Bali yang memiliki paduan rasa manis dengan aroma yang khas berbahan dasar santan. Proses pembuatan dodol menghabiskan waktu sekitar 3 jam, durasi tersebut untuk memastikan tingkat kematangan yang sempurna, dodol biasanya banyak di temukan ketika menjelang hari Raya Galungan. Daerah yang terkenal akan dodolnya yaitu Desa Penglatan Kab. Buleleng yang sudah mampu menyentuh lidah masyarakat Bali.

Sebagian besar masyarakat desa Penglatan memiliki keahlian dalam membuat dodol, dalam proses pembuatannya masih menggunakan cara tradisional. Produsen dodol penglatan memiliki cara tersendiri dalam propes pengolahan sehingga memiliki cita rasa yang berbeda dari dodol lainnya. Dodol Penglatan memiliki berbagai varian rasa seperti dodol injin, dodol pandan, dodol merah, dosol nangka, dodol salak, dodol sirsak dan dodol kacang. Pengemasan dodol penglatan ini masih menggunakan bahan alami yaitu kulit jangung yang sudah kering.

Varian rasa paling diminati oleh konsumen yaitu dodol injin yang memiliki cita rasa berbeda dari dodol lainnya karena berbahan dasar ketan hitam. Bahan yang digunakan dalam proses pembuatan dodol injin yaitu santan, tepung ketan hitam(injin), gula merah, garam, dan daun pandan. Dodol penglatan di jual dengan rentang harga Rp 27.000 samapi Rp 45.000 tergantung dari varian rasanya.

Dodol ini bagus digunakan sebagai buah tangan ketika berkunjung ke rumah sanak saudara.