(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

POTENSI AGORISATA DESA WISATA WANAGIRI

Admin dispar | 14 Maret 2023 | 186 kali

Jalan Banyumala merupakan akses yang paling dekat menuju Air Terjun Banyumala yang dimana kunjungan wisatawan ke Banyumala pada tahun 2018/2019 sangat tinggi rata-rata perbulan mencapai 5.000 sampai 6.000 perbulan.
Selain untuk kunjungan wisata jalan Banyumala juga merupakan jalan produksi ke UPH Wana Merta yaitu usaha olah basah kopi arabika petik merah yang berada di sebelah selatan Air Terjun Banyumala yang mana jalan ini yang digunakan untuk pengangkutan hasil panen kopi dari kelompok tani tersebut.
Selain itu mayoritas petani di seputaran jalan Banyumala merupakan peternak kambing sehingga untuk pengangkutan pakan ternak juga memanfaatkan jalan Banyumala.
Selain itu ada pula aktivitas wisata lainnya yang dipadukan dengan aktivitas pertanian dan perkebunan seperti trekking ke kebun kopi dan tanaman holtikultura di seputaran Banyumala.
Jalan tersebut juga menghubungkan kegiatan masyarakat di kawasan hutan karena Wanagiri sudah mempunyai ijin pengelolaan hutan melalui program Perhutanan Sosial dengan skema hutan desa yang mana sudah mendapatkan ijin tersebut sejak tahun 2015 dan aktivitas petani di dalam hutan bertani kopi dan tanaman lainnya.