(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

CARA JITU ASN SEBAGAI AGEN PARIWISATA ASN

Admin dispar | 12 September 2022 | 71 kali

Selain bertugas melaksanakan kebijakan publik, memberikan pelayanan dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, ternyata ASN secara tidak langsung sebagai agen promosi di bidang pariwisata. Bagaimana bisa?
Setiap Dinas/Badan/Kantor Pemerintahan diharapkan memiliki inovasi maupun prestasi kerja sehingga mampu menarik SKPD daerah lain untuk melakukan kunjungan kerja ke daerah tersebut.
Potensi Provinsi Bali, khususnya Kabupaten Buleleng memiliki potensi wisatawan domestik yang sangat besar melalui kunjungan kerja SKPD yang berada di Luar Bali mengingat Bali sendiri merupakan daerah tujuan wisata.
Dengan adanya kunjungan kerja, para wisatawan khusus (ASN yang melakukan kunjungan kerja) akan menginap di lokasi yang dituju dan menginap serta berbelanja di lokasi kunjungan kerja. Kondisi ini akan meningkatkan kesejahteraan bagi pelaku wisata sekaligus meningkatkan pendapatan daerah itu sendiri.
Salah satu contoh kunjungan dinas daerah lain ke Kabupaten Buleleng yaitu Kunjungan Kerja dari DPRD Kabupaten Belu (Nusa Tenggara Timur), Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi serta yang paling baru yaitu Kunjungan Rombongan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke Desa Sudaji dalam rangka penilaian Anugerah Desa Wisata Tahun 2022.
Bekerja sambil berlibur, itulah yang mereka lakukan saat kunjungan kerja. Menginap di penginapan ataupun hotel serta berbelanja di lokasi kunjungan kerja merupakan hubungan yang saling menguntungkan antara Pemerintah Daerah, pihak yang melakukan kunjungan kerja serta pelaku usaha.
Demikianlah potret ASN sebagai agen promosi di Bidang Pariwisata. ASN memasarkan potensi daerah, juga turut andil dalam kegiatan pemasarannya.