(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

7 Pantai Terbaik di Buleleng yang Jadi Destinasi Favorit

Admin dispar | 09 Januari 2023 | 76 kali

1. Pantai Lovina
Pantai lovina merupakan salah satu kawasan wisata laut yang terdapat di bagian utara Pulau Bali.
Pantai ini memang begitu menarik karena masih relatif alami. Salah satu keunikannya adalah wisatawan bisa menyaksikan aksi lumba-lumba liar di laut.

Menurut situs Pemerintah Kabupaten Buleleng, Pantai Lovina berada di Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng Bali.

Dari Denpasar, kamu bisa melewati Bedugul, lalu ke Singaraja, dan menuju Lovina.
Selain melihat lumba-lumba, wisatawan juga bisa menyelam atau snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut. Nah di pinggir pantainya kamu bisa menemukan berbagai kulit kerang yang beraneka ragam.

2. Pantai Eks
Pantai Eks merupakan kawasan bekas Pelabuhan Buleleng, Singaraja. Lokasinya berada di ujung paling utara Pulau Bali. Dilansir dari situs Pemerintah Kabupaten Buleleng, menurut sejarah Bali, Kota Singaraja dulunya pernah menjadi pusat pelayaran.

Hal ini disebabkan karena Eks Pelabuhan Buleleng merupakan satu-satunya dermaga terbesar di Pulau Bali. Dahulu, pada masa kejayaan atau masih difungsikan, Eks Pelabuhan Buleleng digunakan sebagai tempat bongkar muatan barang sekaligus tempat persinggahan kapal pesiar asing. Namun kini, kawasan tersebut telah menjadi objek wisata.

Terdapat restoran terapung dari kayu-kayu bekas yang berumur tua. Dari restoran ini, wisatawan bisa menikmati keindahan pantai yang berpadu dengan deburan ombak serta semilir angin yang berhembus.

3. Pantai Panimbangan
Pantai Panimbangan di Singaraja, Buleleng, Bali menjadi tempat rekreasi penduduk lokal, terutama muda-mudi yang mau bersantai sambil merasakan segarnya angin laut.

Saat sore hari, keindahan sunset menjadi momen yang ditunggu. Saat air laut surut, wisatawan bisa bermain di tepi pantainya. Namun bila pasang, kamu hanya bisa menikmati hamparan birunya laut saja. Pemandangan pantai ini berpadu serasi dengan keindahan pesawahan di seberangnya.

Warung-warung di sekitar pantai menyajikan makanan lokal seperti ketupat, blayag, jagung bakar, roti bakar, seafood, dan aneka minuman. Di sini kamu juga bisa jogging, bersepeda, duduk bersantai, atau menyewa perahu nelayan untuk memancing.

4. Pantai Pemuteran
Pantai Pemuteran menawarkan suasana yang jauh dari perkotaan. Suara hening dan deburan ombaknya menjadikan pantai ini begitu menenangkan. Pantai Pemuteran berada di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali.

Untuk mencapai lokasi pantai, wisatawan harus menempuh jarak sejauh 124 km dari Denpasar atau sekitar tiga jam perjalanan. Sementara dari Kota Singaraja jaraknya sekitar 56 km atau sekitar 90 menit perjalanan.

Menurut situs Indonesia Travel dari Kemenparekraf, kamu bisa berjemur, bermain voli di pantai, berenang di tepi lautannya yang dangkal. Namun, selain itu, salah satu daya tarik wisatanya adalah keindahan bawah laut, yaitu terumbu karang. Di kawasan laut Pemuteran terdapat terumbu karang yang dibuat menggunakan teknologi, yaitu birorock. Terumbu karangnya memiliki berbagai macam karakter, salah satunya adalah berbentuk patung rangda dan barong.

Info selengkapnya silahkan kunjungi link berikut : https://www.detik.com/bali/wisata/d-6505968/7-pantai-terbaik-di-buleleng-yang-jadi-destinasi-favorit