(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

10 Pesona Indahnya wisata Bali utara (Kab. Buleleng)

Admin dispar | 21 Januari 2015 | 4316 kali

Pagi Agan-Agan saya sedikit ada informasi tentang Bali kali aja agan semua liburan pada liburan ke Bali selain keindahan pantai Kuta dan yang lainnya, agan bisa berkunjung ke Bali Utara Kabupaten Buleleng banyak daerah wisata yang agan temui disini. berikut daerah wisata tersebut saya rangkum menjadi "10 Pesona Indahnya wisata Bali utara (Kab. Buleleng)" sebenarnya sih banyak. berikut Informasinya :

Tapi Sebelumnya saya enggak

Dan saya berharap banget kalo di Bali Minuman Daluman

Tempat - tempat pariwisata yang wajib dikunjungi di Kabupaten Buleleng adalah seperti dibawah ini :

1. Pantai Lovina (Lovina Beach)



Kawasan Wisata Lovina ini merupakan kawasan wisata pantai dengan daya tarik utamanya pantai dengan air laut yang tenang, pasir berwarna kehitam-hitaman, dan karang laut dengan ikan-ikan tropisnya.
Karena sifat lautnya yang tenang, Lovina ini sangat cocok untuk rekreasi air seperti menyelam, snorkling, berenang, memancing, berlayar, mendayung dan sekedar berendam di air laut.
Disamping daya tarik tersebut di atas, dapat dicatat disini adanya ikan lumba-lumba dalam habitat aslinya. Ikan lumba-lumba yang jumlahnya ratusan ini dapat dilihat di pagi hari, kurang lebih satu kilometer lepas pantai.

Ikan lumba-lumba yang menyelam, melompat di atas permukaan air dengan pemandangan untaian gunung di sebelah selatannya, langit kemerah-merahan pertanda terbitnya matahari, merupakan suatu pemandangan yang memberi daya tarik yang sangat memikat.

2. Danau Buyan dan Tamblingan



Danau Buyan dan Danau Tamblingan seolah danau kembar yang memiliki daya tarik yang sangat mempesona. Keaslian alam di kedua danau ini masih sangat dirasakan, misalnya dengan tidak adanya penggunaan perahu bermotor di kedua danau ini.

Danau ini sangat ideal untuk rekreasi air seperti mendayung dan memancing. Bagi mereka yang menyenangi alam dan rekreasi, kedua danau inilah tempatnya.

Adanya kera-kera yang tidak jauh dari kedua danau ini, yaitu di jalan raya sebelah danau Buyan jurusan Denpasar-Singaraja, yang semakin hari semakin banyak jumlahnya, menambah daya tarik kawasan ini sebagai obyek wisata. Danau Buyan dan Danau Tamblingan berlokasi di Kecamatan Sukasada, 21 km sebelah Selatan Kota Singaraja, terletak di pinggir jalan Denpasar-Singaraja.

3. Air Terjun Gitgit


Dari Kota Singaraja berjarak 11 km ke arah selatan menuju Desa Pancasari dan Bedugul. Air terjun yang berketinggian ± 35 meter ini sangat asri dan memiliki panorama yang indah dan berada di lingkungan yang berhawa sejuk. Turun dengan jalan kaki setelah melewati tempat Parkir Gitgit, beberapa pemuda lokal yang diorganisir oleh desa adat setempat menawarkan jasa mengantar para wisatawan menuju wisata air terjun yang indah ini. Disamping suara deburan air terjun dan kicauan burung, hamparan sawah, perkebunan cengkeh dan kopi / begitu pula tumbuhan bambu sepanjang jalan menuju air terjun menyuguhkan suasana damai dan alami.

Di Desa Gitgit terdapat tiga lokasi wisata Air Terjun (Air Terjun Gitgit, Air Terjun Bertingkat, Air Terjun Campuhan) Dan perlu diketahui bahwa baru-baru ini Agustus / September 2008 telah dibuka kembali lokasi pariwisata Air Terjun Gitgit yang diberi nama Air terjun “Colek Pamor”, Air terjun ini letaknya tidak jauh dari Air terjun yang sudah sering kita kunjungi. Tepatnya Air terjun ini berlokasi disebelah selatan dari lokasi Air Terjun Gitgit. Pintu masuk jalan menuju lokasi ini kira-kira 100 meter dari parkiran Air Terjun Gitgit, tepat disebelah kanan jalan tikungan pertama terdapat plang papan sederhana yang bertuliskan Air Terjun “Colek Pamor”. Tempat lokasi Air Terjun jaraknya kira-kira 500 meter dari badan jalan raya, suasana yang masih begitu alami akan sangat menantang bagi anda yang doyan berwisata trecking. Disini akan merasa nyaman karena akan jauh suara deru kebisingan, suasana disini sengaja masih dipertahankan kealamianya. Disepanjang jalan anda akan menemukan perkebunan cengkeh, kopi, pala, serta kakau.

4. Air Terjun Singsing (Singsing Waterfall)



Pada waktu musim panas, volume air terjun relatif menurun. Jalan menuju air terjun yang sedikit mendaki merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk kegiatan trekking. Letaknya yang tidak jauh dari kawasan Lovina, bahkan dapat dicapai dengan jalan kaki dari Lovina, menjadikan obyek ini banyak dikunjungi wisatawan yang umumnya mereka yang tinggal di kawasan Wisata Lovina.

Tidak jauh dari air terjun Singsing ini, terdapat monumen Belanda. Monumen ini dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda untuk memperingati gugurnya seorang Perwira tentara Belanda didalam perang Banjar pada tahun 1868. Sekitar tahun 1956 monumen ini dihancurkan karena dianggap menghormati penjajah.
Air Terjun Singsing terletak di Banjar Labuhan Haji Desa Temukus Kecamatan Banjar, 3 km dari Lovina dan 13 km dari Singaraja. Untuk menuju obyek wisata ini dapat dicapai dengan kendaraan bermotor sampai ke jurusan desa Tigawasa.

5.Taman Nasional Bali Barat



Taman Nasional Bali Barat mempunyai luas 19.002,89 ha. terdiri dari kawasan terestrial seluas 15.587,89 ha. dan kawasan perairan selaus 3.415 ha. Potensi Taman Nasional Bali Barat meliputi berbagai jenis flora dan fauna liar, yang berstatus langka, dilindungi maupun yang keberadaannya masih melimpah, habitat dan letak geomorfologinya serta keindahan alamnya.


6. Pulau Menjangan



Berjarak sekitar 76 kilometer sebelah Barat Kota Singaraja. Untuk mencapai Pulau para wisatawan harus naik perahu bermotor (boat) sekitar 30 menit dari Labuhan lalang.
Pulau menjangan merupakan sebuah pulau kecil tanpa penghuni dengan luas kurang lebih 175 hektar terdiri dari karang, batu batuan vulkanik serta tanah vulkanik hitam. Sesuai dengan namanya pulau ini dahulu terkenal dengan menjangannya (Cervus Timorensis). Pulau ini menawarkan potensi keindahan laut sekitarnya yang sangat cocok untuk kegiatan rekreasi serta olah raga air seperti : Snorkeling dan Scuba Diving. Keindahan alam bawah lautnya sangat menarik karena kita dapat menemukan terumbu karang serta flora dan fauna laut yang berwarna warni. Dengan kondisi air laut yang tenang dan panorama teluknya sangat mempesona. Kehidupan bawah laut yang sangat mempesona dengan berbagai jenis ikan laut hias yang hanya ditemukan dibeberapa daerah saja di dunia. Hampir sekitar 59% dari nilai eksport ikan hias Indonesia berasal dari Pulau Menjangan.

7. Air Panas Banjar



Sumber mata air Panas Banjar diperkirakan berusia ratusan tahun, dimana sejak jaman pendudukan Jepang sumber air panas ini telah dibenahi dan dimanfaatkan. Pemerintah Jepang pada saat itu membangun tiga buah kolam penampungan air untuk berendam, karena air yang dihasilkan mengandung belerang yang dapat menyembuhkan penyakit kulit. Sampai saat ini pemandian tersebut masih dimanfaatkan oleh masyarakat umum dan wisatawan. Disamping sebagai tempat untuk berendam dan berenang Para wisatawan bisa juga menikmati jatuhnya air pancuran ditubuhnya seolah-olah seperti dipijat terutama kolam yang dilengkapi pancuran setinggi 3,5 meter sehingga badan menjadi lebih segar.

8. Air Sanih



Air Sanih atau Yeh Sanih adalah tempat wisata yang terletak sekitar 17 km dari Singaraja, Bali. Tempat ini merupakan tempat permandian dengan sumber air. Menurut Legenda tempat ini merupakan tempat permandian bagi pasangan muda. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, sumber air ini mempunyai asal-usul dari Danau Batur yang letaknya ratusan kilometer dari tempat ini. Air dari sumber ini sering digunakan dalam upacara agama Hindu. Di tempat ini juga dapat ditemui pura yang diujukkan kepada dewa Wisnu. Obyek wisata tirta ini merupakan kolam renang alami.

Terletak di Desa Sanih Kecamatan Kubutambahan ± 17 km sebelah timur

9.Pelabuhan Buleleng



Nama besar Pelabuhan Buleleng nyaris tak berbekas. Pusat jajan serba ada menggantikan tempat yang dulu digunakan sebagai dermaga terbesar di Pulau Bali itu hingga tahun 1950-an. Bekas kantor kepabeanan pun dibiarkan telantar, kosong.

10. Pantai Penimbangan

Pantai Penimbangan merupakan pantai yang terkelola dengan baik dan bersih, terletak di kota Singaraja tepatnya di Ds. pemaron. Di sore dan pagi hari, banyak dipilih sebagai tempat beragam aktifitas seperti jogging, atau hanya duduk-duduk sambil menikmati suasana pantai.

Pantai ini paling favorit dipilih sebagai tempat tongkrongan para kawula muda di kota ini, dipantai ini banyak tersedia warung-warung dengan aneka hidangan yg menarik dan murah.