(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

TripAdvisor telah merilis 25 destinasi wisata terbaik dunia tahun 2018

Admin dispar | 22 Maret 2018 | 541 kali

 Jakarta - TripAdvisor telah merilis 25 destinasi wisata terbaik dunia tahun 2018. Bali yang menempati peringkat pertama tahun lalu, kini turun menempati posisi ke-4.

Situs informasi traveling dunia, TripAdvisor setiap tahunnya mengadakan Travelers Choice Award, di mana salah satu kategorinya adalah Top 25 Destinations. Pemilihannya berdasarkan kuantitas dan kualitas dari review traveler serta rating selama periode 12 bulan.

Tahun ini Bali menempati peringkat ke-4 destinasi top dunia. Posisi ini turun 3 peringkat dari tahun 2017 lalu di mana Bali menjadi menjadi nomor 1 destinasi top dunia. Beberapa alasan bisa menjadi penyebab turunnya peringkat tahun ini.

"Waktu 2017 tahun lalu itu menanjak karena memang kampanye kita kan cukup tinggi di luar negeri sehingga brand kita dengan Kementerian naik. Mungkin jadi nomor satu, habis itu merosot. (Peringkat TripAdvisor) ini harusnya mengevaluasi kita," ujar Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia (ICPI) Prof Azril Azahari PhD dalam obrolan via telepon dengan detikTravel, Rabu (21/3/2018) sore kemarin.

"Intinya sebenarnya kita jangan mengarah pada mass tourism. Dulu saya pernah bilang ada 3S, sun, sand and sea itu udah bergeser sekarang menjadi 3S juga, serenity, spirituality, dan sustainability," imbuhnya.

Azril mengatakan bahwa traveler mulai banyak yang tak hanya menikmati alam, tapi juga budaya di destinasi yang dikunjunginya. Sejarah dan budaya, keotentikan dan keunikan suatu destinasi tentunya dapat menarik banyak turis buat berkunjung.
[08:36, 27/3/2018] beli adi: "Kalau kita lihat apa yang sebenarnya mereka inginkan, itu kan pengalaman. Misalnya dia ingin exploring daripada suatu ikon. Apasih yang menonjol di sana, isinya yang kaya terhadap dua hal, history sama culture. Sekarang mengarah bukan alam lagi tapi budaya. Nah budaya inikan bisa makanan dan lain sebagianya," jelas Azril.

"Kayak makanan juga, rempah, kan spices dipakai semua di luar negeri kenapa nggak itu yang diangkat sejarahnya," tambahnya.

Ia mencontohkan destinasi-destinasi yang kini peringkatnya di atas bali dalam Top 25 Destinations versi TripAdvisor. Paris misalnya, daerah ini menurut Azril mengedepankan taman-tamannya yang indah, kafe dan kulinernya.

Kalau London, memiliki aneka museum besar yang menampilkan sejarah dan budaya setempat bahkan dunia, begitu pula fashionnya. Sementara Roma juga menarik turis dengan sisi historisnya. Untuk Ubud misalnya, traveler pun sudah begitu tertarik dengan budaya setempat.

BACA JUGA: Bule di Bali Kagumi Skutik Buatan Indonesia

"Dari artistic capital of Ubud, bagaimana artistic capital, lukisan segala macem budayanya kuat sekali di Ubud, culturenya, makanya masih bertahan kita di sana walaupun memang pantai segala macem masih. Kita lihat Greece, Barcelona, itukan kulturnya sama sejarah," kata Azril.

Traveler yang datang tentunya mencari pengalaman menarik yang bisa dirasakan dan diceritakan kembali ke kerabatnya usai liburan. Hal-hal seperti wisata yang melibatkan pengalaman lebih kepada turis pun menarik dikembangkan.

"Ini pernah saya lakukan. Misalnya begini, Tari Kecak selama ini kan orang asing nonton Tari Kecak. Sekarang tidak (hanya menonton), Tari Kecak itu diajarkan (ke) orang asing, dia belajar tarian itu," tutur Azril.

Untuk berita selengkapnya silahkan kunjungi link berikut

: https://travel.detik.com/travel-news/d-3929861/bali-kok-turun-peringkat-di-daftar-destinasi-top-dunia