(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Terobosan Anyar, Dispar Kenalkan Objek Wisata di Buleleng Lewat Google Map

Admin dispar | 16 November 2017 | 941 kali

Singaraja, balipuspanews.com – Dinas Pariwisata (Dispar) Buleleng melakukan terobosan baru menggandeng Perwakilan Google Asia Pasifik untuk mempermudah akses dan pengenalan objek wisata kepada calon wisatawan berkunjung di Kabupaten Buleleng.

“Tujuannya untuk memandu calon wisatawan mendeteksi lokasi-lokasi daerah tujuan wisata (DTW) yang ada di Buleleng,” kata Kadispar Buleleng, Nyoman Sutrisna ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/11) sore.

Selanjutnya, sambung Kadis Sutrisna, pihaknya langsung menggelar pelatihan dengan mengundang kelompok-kelompok pengelola objek wisata untuk dikenalkan dengan software dari pihak Google.

Dalam pelatihan tersebut, pihak Google Map memberikan penjelasan terkait cara pemanfaatan penggunakan handphone jenis android untuk mendeteksi lokasi DTW dalam aplikasi Google Map.

Sementara ini, dari 86 DTW, baru 41 DTW tercover dalam aplikasi Google Map,” jelasnya.

Meski demikian, pihaknya optimis kedepan mampu mencover keseluruhan DTW di Kabupaten Buleleng.

“Ke depan, kami akan mengajak kelompok pengelola DTW lainnya untuk mengikuti pelatihan agar semuanya bisa tercover dengan Google Map,” tuturnya.

Nah, Kadis Sutrisna pun tak menampik masih menemui kendala pada beberapa destinasi wisata di Buleleng lantaran minimnya jaringan internet di kawasan tersebut.

“Dari 8 hari sejak diperkenalkan, ada beberapa kendala yang sempat dialami dalam mengimplementasikan Google Map. Kendala itu terjadi di DTW Desa Munduk, mungkin jaringan internetnya kurang bagus. Ya, pastinya segera akan kami carikan solusi,” ungkapnya.

Selain google map mencover sejumlah objek wisata, ke depan pihaknya juga berencana akan mencover restauran serta hotel di Buleleng.

“Tujuannya juga sama, untuk memudahkan wisatawan mencari informasi tentang profil restauran serta hotel yang dikunjungi,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Dispar Buleleng menyematkan gambar 360 derajat pada destinasi-destinasi Buleleng. Dengan begitu, tampilan gambar objek wisata di Kabupaten Buleleng lebih akurat dan terlihat nyata.

 

Sumber : https://www.balipuspanews.com