(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Sekdispar Kab Buleleng Hadiri Parade Budaya Hut Kota singaraja ke 414

Admin dispar | 30 Maret 2018 | 580 kali

Singaraja,(30/03)

Dinas Pariwisata dalam Hal Ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Drs Ketut Arjana,M.Pd mengahdiri , Parade Budaya Memeriahkan HUT Kota Singaraja ke-414 tahun 2018 dalam Rangka. Parade budaya tahun ini mengusung tema ”GOAK” (Gereget, Orisinil, Atraktif,Kreatif). Parade Budaya ini adalah sajian yang dikemas dalam format pawai atau karnaval yang menampilkan ciri khas seni budaya lokal.

Parade Budaya ini dipusatkan di kawasan Tugu Singa Ambara Raja yang dibuka langsung Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST ditandai dengan membunyikan "ceng-ceng", Jumat (30/3). Dalam Kesempatan itu, hadir pula Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna,SH, Sekda Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka,MP, FKPD Buleleng dan Pimpinan OPD lingkup Pemkab Buleleng.

Seperti tahun sebelumnya, Parade budaya tahun ini kembali dilombakan dengan kriteria penilaian meliputi kesesuaian dengan tema yang ditampilkan, keserasian, kemeriahan, dan disiplin atau keutuhan barisan parade dari start sampai finish. Adapun hadiah yang disiapkan antara lain, untuk juara pertama berhak atas penghargaan Maha Nugraha diberikan uang pembinaan 10 juta rupiah, juara kedua Adikara Nugraha mendapatkan uang pembinaan 8 juta rupiah serta juara ketiga Adika Nugraha mendapatkan 7 juta rupiah dan juara keempat Adi Nugraha mendapatkan hadiah Rp5 juta. Selain itu seluruh peserta parade budaya mendapatkan uang pembinaan masing masing Rp15 juta.

Parade Budaya tahun ini masih mengambil rute yang sama seperti tahun lalu yakni start di kawasan Tugu Singa Ambara Raja lalu menuju jalan Gajah Mada, Dr Sutomo, A. Yani dan finish di jalan Dewi Sartika.

Goak Goakan merupakan tradisi budaya yang harus dilestarikan dan dikembangkan sehingga mampu di promosikan dalam pemasaran pariwisata di kabupaten Buleleng.