(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Sekdispar Buleleng Hadiri Kegiatan Festival Ngopi Sepuluh Ewu 2018

Admin dispar | 10 November 2018 | 532 kali

Banyuwangi,(19/11)

Yuk Ke Buleleng

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Drs. Ketut Arjana,  M.Pd menghadiri undangan acara Festival Ngopi Sepuluh Ewu 2018 yang diSelenggarakan pada tanggal 10 November 2018 di Desa Wisata Adat Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Festival Ngopi Sepuluh Ewu 2018 tersebut Dibuka oleh Bapak Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anaz. Dalam pembukaan tersebut, Bapak Abdullah Azwar Anaz juga menyampaikan bahwa Festival ini merupakan sebuah festival yang mengangkat tradisi dan budaya suku osing, dimana di sepanjang jalan seluruh masyarakat di Desa Wisata Kemiren menyediakan tempat duduk, meja, dan menyuguhkan kopi secara gratis bagi para pengunjung, dan pengunjung bisa menikmati dan singgah dimanapun.  Salah satu Budayawan Suku Osing,

Bapak Sambiono juga sangat bersenang hati untuk menceritakan tradisi dan budaya Suku Osing, dimana seluruh masyarakat suku osing harus mengenakan pakaian hitam – hitam pada saat menyuguhkan kopi kepada para pengunjung sebagai symbol ketenangan, kehangatan, dan kegagahan masyarakat Desa Kemiren. Bapak Bupati Banyuwangi juga mengharapkan dengan adanya Festival Ngopi Sepuluh Ewu, tradisi suku osing bias dikenal bagi wisnus dan wisman, dan juga bisa mendorong ekonomi Kreatif di Desa Wisata Kemiren.