(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Purnama Kaulu Dispar Buleleng Mengadakan Sembahyang Bersama

Admin dispar | 31 Januari 2018 | 431 kali

Singaraja, (31/1)
.

Kegiatan sembahyang bersama Purnama Kaulu diikuti oleh seluruh Staff Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, persembahyangan ini dipimpin pemangku Nengah Nadra yamg kesehaarianya menjabat sebagai Seksi Pengembangan Wisata Minat Khusus ,yang dimulai pada pukul 08.00 WITA,Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap hari Purnama dan Tilem.

Purnama yang artinya sempurna. Purnama dalam kamus umum Bahasa Indonesia berarti bulan yang bundar atau sempurna (tanggal 14 dan 15 kamariah). Pemujaan dimaksudkan saat purnama ini ditujukan kehadapan Sanghyang Candra, dan Sanghyang Ketu sebagai dewa kecemerlangan untuk memohon kesempurnaan dan cahaya suci dari Ida Sanghyang Widhi Wasa dalam berbagai wujud Ista Dewata. Biasanya pada hari suci purnama ini disebutkan umat Hindu menghaturkan Daksina dan Canang Sari pada setiap pelinggih dan pelangkiranyg ada di setiap rumah / kantor.

Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menumbuhkan rasa syukur kita telah diberikan kehidupan, keselamatan,kekuatan dalam melakukan tugas dan tanggungjawab dikehidupan seharihari.sehingga kita tidak pernah lupa dengan Ida Sang Hyang Widhi Wasa.