Sehubungan dengan maraknya virus corona di tiongkok akhir - akhir ini serta berimbas kepada industri pariwisata khususnya dibali. Dengan adanya seminar ini para pelaku industri pariwisata dpr menyikapi imbas virus corona tersebut dengan berbagai strategi daerah dalam memajukan pariwisata. kegiatan seminar ini diadakan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Hari kamis, 13 Februari 2020 dengan mengundang narasumber : Wishnutama Kusubandio selaku menteri pariwisata dan ekonomi kreatif republik indonesia. kegiatan seminar ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Ketua BTB / Gipi Bali, Ida Bagus Agung Partha Adnyana dan Kepala BI Bali, Trisno Nugroho.
Ketua BTB / Gipi bali, Ida Bagus Agung Partha Adnyana dalam sambutannya keturutprihatinannya dalam hal ini lebih dari 4000 kasus didunia menyebabkan pemblokiran penerbangan. tentu dalam hal ini juga sangat berdampak buat perkembangan pariwisata saat ini diBali.
Pertumbuhan ekonomi Bali pd thn 2019 tercatat sebesar 5,63 % ( Yoy ) tumbuh melambat dibanding thn sebelumnya 6,33 % (yoy ). Pertumbuhan ekonomi bali dari sisi ekselerasi ekonomi pd triwulan IV 2019 oleh peningkatan kinerja konsumsi pemerintah seiring dengan meningkatnya serapan realidasi pendapatan daerah dan upaya percepatan dan tahapan realisasi. sedangkan perkembangan pariwisata bali sepanjang januari - desember 2019 6,275 juta orang / tumbuh 3,36 % ( yoy ) melambat dibandingkan thn 2018 sebesar 6,55 % ( yoy ). wisman australia dr tiongkok tetap yg paling mendominasi kunjungan ke bali. sementara itu kunjungan wisdom sepanjang thn 2019 sebanyak 10,55 orang / tumbuh 8,07 % (yoy ) lebih rendah dibandingkan thn 2018 yang tumbuh 11.70 % (yoy ) hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho.
Sementara Wishnutama Kusubandio selaku menteri pariwisata dan ekonomi kreatif republik indonesia menyampaikan bahwa kebijakan pemerintah terkait dengan virus corona yg marak saat ini, diantaranya : actualisasi Riparnas ( Rancangan Induk Pembangunan pariwisata Nasional ) yang lebih terpadu sehingga nantinya dijadikan master plan pembangunan pariwisata nasional , national integrated tourism master plan yang bisa dijadikan panduan untuk semua stake holder dlm menyusun program rencana kerjanya, strategi inbound marketing ( dimana dalma hal ini strategi promosi dilakukan di indonesia salah satunya pelaksanaan MICE ) , mengubah kuantiti tourim ke kualiti tourism.
Selain acara diatas, pd kesempatan tersebut juga akan dilaksanakan pelantikan tim BaliCEB ( Bali Convention & Exhibition Bureau ) serta konfrensi pers sekaligus peluncuran MDC Paris Fashion Show diBali yang akan digelar pd tgl 14-18 mei 2020 yang akan tetap memutuskan melakukan fashion show tingkat dunia dibali ditanggal tersebut akan melibatkan 6 hotel diNusa Dua area.