(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Penanaman Pohon dan Pelepasan Burung di Batu Ngongkong

Admin dispar | 28 September 2018 | 368 kali

Jumat (28/9). Penanaman pohon dan pelepasan burung di Monkey Forest Tigawasa merupakan salah satu rangkaian acara Festival Lovina 2018.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Ir. Nyoman Sutrisna, MM didampingi Kepala Bidang Pemasaran Nyoman Gede Gunawan, SS.

Dalam paparannya Kadis Pariwisata menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah pelestarian alam dan lingkungan agar sejalan dengan tema Festival Lovina tahun ini " The Beauty Never Ends " yang artinya keindahan tiada akhir, kegiatan ini terlaksana atas kerjama atara Dispar Buleleng, Dinas Pertanian, Pemerintah Desa Tigawasa, Sahabat Maydarling.

Monkey Forest yang berlokasi perbatasan pintu masuk Desa Tigawasa yang sering disebut "Batu Ngongkong" mengapa demikian karena oleh masyarakat setempat dipercaya bahwa tempat tersebut dijaga oleh ajing yang pada waktu-waktu tertentu mengeluarkan suara gonggongan anjing papar Made Swadarma Perbekel sekaligus merangkap sebagai Kelian Adat Desa Tigawasa.

Nantinya Batu Ngongkong kedepannya akan dikembangkan menjadi objek wisata yang berbasis kearifan lokal dan dikelola oleh masyarakat setempat.