(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

H-1 Pemuteran Bay Festival

Admin dispar | 13 Desember 2017 | 542 kali

 

Pemuteran, 12 Desember 2017
H-1 pemuteran Bay Festival 

Pesiapan Pemuteran Bay Festival di Pantau langsung Oleh Ir Nyoman Sutrisna,MM beserta staf dan melakukan diskusi denganTeams Biorock Indonesia dimana dalam hal ini sebagai komitemen untuk menyelematkan terumbu karang yg ada di Desa Pemuteran dimana melibatkan Stake Holder yg nantinya akan menurunkan biorock berbentuk Garuda sebagai lambang pemersatu Bangsa. Dalam kesempatan ini juga bapak Agung menyampaikan cerita singkat tentang pemuteran sebagai role model. Beliau juga menyampaikan laut merupakan sumber dari hidup pada tahun 1989. kondisi lingkungan pemuteran saat itu sangat kering dan tangkpn nelayan jg sedikit, sehingga hal itu menyebabkan petani gulung tikar dan banyak generasi muda meninggalkan desanya dan pergi merantau keluar daerah. Dalam hal ini sesepuh di Desa Pemuteran belum bisa mengexplore potensi alam yg ada di desa pemuteran.

Dengan adanya Teknologi yg sangat berkembang beliau juga memiliki ide yang sangat Positiv yaitu membangun kesadaran kolektif dalam memajukan lingkungan di Desa Pemuteran. Beliau juga menyampaikan hal yg paling penting disampaikan adalah penyelamatan terumbu karang dipemuteran yg sangat memiliki potensi yang luar biasa. nantinya perkembangannya akan menjadi sumber kehidupan.

Tasya sebagai Biorock Nasional Koordinator dalam kesempatan ini ia menyampaikan bahwasanya penurunan Biorock terbesar di indonesia bahkan didunia. Teknologi Biorock di mulai sekitar thn 2000 dimana yang tersebar dibeberapa wilayah.
Biorock merupakan salah satu metode teknologi, dimn cara kerjanya menggunakan aliran listrik dan terdapat kutub Positiv dan Negativ

Seberapa penting biorock itu sendiri terhadap terumbu karang? ,Dengan adanya perubahan cuaca selain faktor kerusakan terumbu karang akibat dari ulah Manusia. Dengan Teknologi Biorock sehingga akan membantu pertumbuhan biorock itu agar tetap tumbuh.

Pembuatan Biorock itu harus mengetahui tujuan pembuatan Biorock, Lokasi, Design keterlibatan Stake Holder, pembuatan , proses penurunan dan perawatan, listrik, pelatihan ,

Kesimpulanya adalah pengembangan Biorock mampu menyeimbangkan Ekosistem Laut yang Rusak 

Acara kemarin turut juga diramaikan oleh kehadiran dari vokalis group Band Nasional yaitu Kaka Slank