(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

" Kegiatan Shooting Trans 7 Garam Piramid Banyak Diminati Baik Wisatawan Domestik Maupun Mancanegera "

Admin dispar | 24 Januari 2022 | 114 kali

Senin, 24 Januari 2022 Dispar Buleleng dampingi kegiatan shooting Trans 7 yaitu proses pembuatan garam piramid di Desa Tejakula.

Seperti yang kita ketahui bahwa potensi pariwsata Kab. Buleleng begitu melimpah, dari daratan dan lautan sehingga banyak dari kita memanfaatkan potensi tersebut salah satunya itu adalah pembuatan garam piramid Tejakula. 

Petani garam di Desa Tejakula ini membuat garam dengan teknik pengeringan langsung di bawah sinar matahari menggunakan media palungan (setengah balok yang terbuat dari kayu kelapa). Setelah menjadi kristal garam, kemudian diproses di rumah kaca dengan pencampuran air tawar dan dikeringkan selama tiga hari penuh, dengan suhu minimal 50 derajat celcius, selain itu widnyana selaku pengelola juga menambahkan bahwa pengaruh cuaca yang kurang baik, akan mengakibatkan kegagalan dalam memproduksi garam piramid yang bagus.

Dari hasil produksi saat ini hanya dipasarkan pada masayarakat setempat dan wisatawan domestik, mengingat situasi saat ini masih dalam pandemi sehingga proses expor ke luar negeri masih belum bisa lakukan. Kegiatan shooting masih berlangsung saat ini dimana trip ke dua menuju dapur tradisional  di desa Les.