(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Olahan Biji Durian

Admin dispar | 13 Februari 2024 | 68 kali

Durian masih menjadi satu buah unggulan Buleleng. Pengembangan durian lokal asli Buleleng ini juga bisa menjadi tujuan wisata baru di Bali, menjadi salah satu ikon pariwisata Bali ke depannya selain pantai dan adat budayanya yang eksotis serta lebih dulu dikenal hingga mancanegara. Salah satu cara untuk meningkatkan nilai ekonomi dari buah durian adalah dengan cara mengolahnya menjadi bentuk lain. Selama ini, bagian durian yang lebih umum dikonsumsi adalah bagian salut buah atau dagingnya, padahal biji durian pun masih bisa diolah.
Di sisi lain, penurunan stunting di Buleleng menitikberatkan pada penanganan penyebab masalah gizi, yaitu faktor yang berhubungan dengan ketahanan pangan khususnya akses terhadap pangan bergizi. Oleh karena itu, dalam rangka upaya peningkatan pemanfaatan produk pangan lokal pada Program Penurunan dan Pencegahan Stunting di Kabupaten Buleleng, Pemkab Buleleng akan melaksanakan lomba membuat jajanan pangan lokal dari biji durian untuk anak SMA dan SMK se-Kabupaten Buleleng. Kreasi hasil olahan pangan dari biji durian tersebut nantinya akan diberikan kepada anak-anak PAUD. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada akhir hari raya Nyepi, bertempat di Krisna Beach Street Pantai Penimbangan.
Turut hadir pada kesempatan ini, Dispar Buleleng, Disdagperinkopukm Buleleng, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Buleleng, Disdikpora Buleleng, Dinas Kominfosanti Buleleng, Dinas Pertanian Buleleng, Dinas Kesehatan Buleleng, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA/SMK Kabupaten Buleleng, serta undangan terkait lainnya.