(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Ciptakan Sumber Daya Yang Tanggap Terhadap Bencana, Dispar Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana Di DTW Kab. Buleleng

Admin dispar | 06 Desember 2021 | 85 kali

Telah berlangsung acara Pelatihan Mitigasi Bencana Di Destinasi Wisata Kabupaten Buleleng Tahun 2021 bertempat di Banyualit Spa and Resort pada Senin (6/12) pagi.

Acara pelatihan yang berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 6 hingga 7 desember ini, dihadiri oleh Plt Sekdispar Buleleng I Gede Sasnita Ariawan, Plt Kabid Destinasi Dispar Buleleng Putu Aristya Wibawa, Kabid Pemasaran Agus Widya Suputra, Basarnas, BPBD Buleleng, Undiksha dan peserta pelatihan dari para pengelola DTW di kabupaten Buleleng. Pelatihan juga diawali dengan sesi foto bersama.

Pelatihan mitigasi bencana di destinasi wisata memiliki tujuan agar pengelola mempunyai sumber daya yang tanggap terhadap bencana sehingga mampu meminimalisasi korban. Untuk itu bekal mendasar sangat penting diberikan dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam memberikan tindakan yang efektif ketika terjadi bencana ataupun keadaan/kondisi darurat di daya tarik wisata.

Peserta juga diharapkan memiliki bekal mendasar kebijakan manajemen penanggulangan bencana, memiliki wawasan perihal ragam dan jenis potensi bencana di kawasan pariwisata, memiliki kemampuan dalam manajemen tanggap bencana untuk area wisata.

Adapun beberapa materi yang disampaikan oleh narasumber di hari pertama diantaranya Manajemen Resiko dan Bencana untuk Pariwisata, Mitigasi Bencana dan Pengelolaan Krisis Kepariwisataan Akibat Bencana di Kabupaten/Kota Lokasi Pelatihan, Mitigasi Bencana dan Pengelolaan Krisis  Kepariwisataan Akibat Bencana di Kabupaten/Kota Lokasi Pelatihan, Mitigasi Bencana dan Pengelolaan Krisis Kepariwisataan Berkualitas di Destinasi Pariwisata, Evaluasi Penyelenggaraan Mitigasi Bencana dan Pengelolaan Krisis Kepariwisataan Berkualitas di Destinasi Pariwisata.

Acara pelatihan ini tentunya didukung oleh penerapan prokes yang ketat dimana seluruh peserta melakukan swab antigen sebelum acara dimulai.