(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Ribuan Wisatawan Asing Serbu Buleleng

Admin dispar | 06 Desember 2023 | 58 kali

Untuk kesekian kalinya, Kabupaten Buleleng kedatangan kapal pesiar hingga saat ini pada Rabu, 6 Desember 2023, telah berlabuh di Pelabuhan Celukan Bawang, Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Kapal Pesiar (cruise) berbendera Marshall Island milik Norwegian Cruise Line, Seven Seas Explorer. 

Kapal pesiar dengan panjang (LOA) 223,74 meter itu, mengangkut penumpang sebanyak ±596 orang dan kru kapal pesiar sejumlah ±536 orang. Kapal tersebut bersandar, Rabu pukul 07.00 Wita dan keesokannya akan bertolak pada pukul 18.00 Wita. Kedatangan wisatawan mancanegara yang menumpang kapal tersebut disambut dengan tarian khas Bali ketika tiba di dermaga Pelabuhan Celukan Bawang.

Para wisatawan asing tersebut menikmati sejumlah destinasi wisata di Buleleng yang terpisah menjadi beberapa aktivitas tur wisata diantaranya Brahma Vihara Arama dan Air Panas Banjar sejumlah 14 orang, Puri Gede Buleleng-Gedong Kirtya-Pasar Anyar-Klenteng Ling Gwan Kiong sejumlah 71 orang, Klenteng Ling Gwan Kiong-Pura Beji Sangsit-Pura Dalem Jagaraga sejumlah 23 orang, Krisna Oleh-oleh sebanyak 12 orang dan Desa Kekeran, Pak Oles, Twin Lake sebanyak 18 orang. 

Turut hadir mendampingi, KSOP Kelas IV Celukan Bawang, Coast Guard, TNI-AL Celukan Bawang, Pol Air Celukan Bawang, Polairud Polda Bali dan instansi terkait yang berkesempatan untuk menyambut para penumpang kapal atau wisatawan yang akan mengunjungi beberapa tempat wisata di Buleleng tersebut. 

Kedatangan kapal pesiar ke Buleleng merupakan momentum baik yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian khususnya di sektor pariwisata yang sempat terpuruk pasca pandemi Covid-19 melanda.