(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Rapat Evaluasi Dan Persiapan Kegiatan Di Awal Tahun 2022 Bersama Tenaga Tourist Information Service

Admin dispar | 22 Desember 2021 | 88 kali

Selasa, 21 Desember 2021, Kepala Bidang Pemasaran Agus Widya Suputra didampingi Kasi Pelayanan dan Informasi Pariwisata Elisabeth Maria Parinussa melaksanakan rapat evaluasi dan persiapan kegiatan di awal tahun 2022 bersama tenaga Tourist Information Service (TIS) bertempat di ruang rapat Dinas Pariwisata Buleleng.

Mengawali kegiatan rapat, Kabid Agus berharap tingkat kunjungan meningkat di awal tahun 2022. Selain itu juga sangat dibutuhkan promosi yang gencar, kreativitas dan inovasi bagaimana pemanfaatan media digital ini bisa dimanfaatkan, berupa konten baik itu foto maupun video, karena itu adalah cara yang paling efektif dalam berpromosi dalam kondisi pandemi saat ini. Bagaimana mengkemasnya dengan baik. Semakin banyak info yang bisa kita berikan kepada masyarakat melalui media sosial, maka masyarakat semakin banyak yang tahu tentang destinasi yang baru. 

Terkait foto dan video mentah yang didokumentasikan oleh tenaga TIS dapat diberikan kepada tim media yang selanjutnya team media yang mengkemasnya dengan design yang menarik.

Rencana selanjutnya yaitu Hari Kamis, 23 Desember, Bidang Pemasaran akan kembali melaksanakan kegiatan monitoring penerapan Prokes yang dibagi dalam tiga wilayah yang menyasar beberapa hotel dan restoran sesuai Immendagri no 66 tahun 2021. Selain itu juga memantau bagaimana tingkat kunjungan ke hotel dan restoran.

Bagi wisatawan yang berkunjung sangat diharapkan mengisi buku tamu, disana kita bisa merangkum tingkat kunjungan ke destinasi yang bersangkutan. Mindset wisatawan sudah berubah, sehingga penerapan Prokes di destinasi wisata bisa diangkat. 

Terkait spot destinasi baru, itu bisa dipromosikan selama masih berada di Kabupaten Buleleng. Bagaimana memberikan pelayanan informasi kepada wisatawan agar puas dalam berwisata dan memberikan kesan yang baik sehingga mereka akan memberi tahu orang-orang yang di sekitarnya.

Penambahan tugas TIS untuk membuat konten baik foto atau video bukan tanpa alasan, namun karena target wisatawan sekarang adalah wisatawan domestik. Setiap membuat konten agar mengisi hashtag #yukkubuleleng untuk mengangkat tagline tersebut sehingga algoritma pengunjung cepat meningkat.