(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

penyampaian proposal dan pemaparan awal Naskah Akademik Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Kabupaten (RIPPARKAB) Buleleng untuk periode 2025-2030.

Admin dispar | 11 Oktober 2024 | 4 kali

BULELENG – Bertempat di ruang rapat Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buleleng pada Jumat (11/10) pagi, telah dilaksanakan penyampaian proposal dan pemaparan awal Naskah Akademik Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Kabupaten (RIPPARKAB) Buleleng untuk periode 2025-2030. 

Rapat ini bertujuan untuk merumuskan strategi dan kebijakan dalam pengembangan pariwisata yang berkelanjutan di Buleleng. Hadir dalam rapat tersebut Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos.,M.Si beserta jajarannya, termasuk Kabid Destinasi, Adyatama Kepariwisataan, dan Ekonomi Kreatif, serta para pemangku kepentingan dari sektor pariwisata lainnya. 

Topik diskusi dalam pertemuan ini mencakup pemetaan destinasi unggulan, pengembangan infrastruktur pendukung, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Para peserta juga membahas tantangan-tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan pariwisata serta upaya konservasi lingkungan yang perlu dijalankan seiring dengan pengembangan destinasi.

RIPPARKAB 2025-2030 diharapkan mampu menjadi pedoman dalam pelaksanaan program-program yang tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi daerah melalui sektor pariwisata, tetapi juga menjaga keaslian budaya serta kelestarian lingkungan setempat. Kolaborasi antara pemerintah daerah, pelaku industri, dan masyarakat setempat menjadi kunci dalam mewujudkan pengembangan pariwisata yang inklusif dan berkelanjutan.

Output dari rapat ini akan menjadi dasar untuk penyusunan kebijakan-kebijakan yang akan memperkuat posisi Buleleng sebagai destinasi wisata unggulan di Bali, dengan tetap memprioritaskan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan.