(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Bidang Industri Pariwisata Hadiri Rembuk UMKM Bali Utara dan Diskusi Lokal UMKM Go Global

Admin dispar | 02 Desember 2021 | 65 kali

Kamis 2 Desember 2021, Dinas Pariwisata Kab. Buleleng melalui Bidang Industri Pariwisata dan diwakili Kepala Bidang Industri Pariwisata, Putu Suryani, SS., menghadiri undangan "Rembuk UMKM Bali Utara dan Diskusi Lokal UMKM Go Global" di The Kirana Tembok Resort, Desa Tembok, Kec. Tejakula.

Rembuk UMKM Bali Utara merupakan kegiatan yang menampilkan potensi, produk,  kekayaan karya, dan budaya masyarakat Bali Utara dari segi Pangan Sandang Papan. Kegiatan tersebut di hadiri oleh Ibu Bupati Buleleng, Koperasi Pangan Bali Utara, PHRI, Asita,  lHGMA, ForKom DeWi, BUMDES, HIPMI Singaraja, JCI Singaraja, dan Para pelaku UMKM. Para undangan juga diantar untuk melihat beberapa pengolahan dan pembuatan produk lokal, pertunjukan budaya, dan keseharian masyarakat bali utara  seperti pengolahan dan Pembuatan Jajanan (Gula Aren, laklak, lawar Ikan, mengguh) proses penyulingan arak, pewarnaan Kain endek menggunakan warna alami, dan mebat (memasak bersama-sama dengan cara tradisional yang merupakan budaya masyarakat Bali).

Adapun tujuan dari kegiatan diskusi ini yaitu menyadarkan masyarakat Bali utara akan penggunaan bahan bahan alami untuk menjaga keberlangsungan ekologi, Meningkatkan kualitas produk produk lokal agar bisa memasuki pasar global dan meningkatkan ekonomi masyarakat lokal yang terdampak dari phenonema global yakni pandemi covid-19.