(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Menparekraf Kunjungi Desa Sudaji Dalam Rangka Anugerah Desa Wisata 2022

Admin dispar | 19 Agustus 2022 | 220 kali

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno bersama jajaran mengunjungi desa wisata Sudaji di kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng dalam rangka Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2022.

Jumat (19/08/2022) bertempat di Balai Desa Sudaji telah dilaksanakan pemaparan mengenai kriteria desa wisata serta potensi desa Sudaji oleh Perbekel desa Sudaji bersama Ketua Pokdarwis desa Sudaji kepada menteri Sandiaga Uno. 

Turut hadir juga Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, S.T, Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna, SH, Asisten II Perekonomian, Pembangunan & Kesejahteraan Rakyat Ni Made Rousmini, S.Sos., M.AP, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos., M.Si serta beberapa pejabat terkait lainnya. 

Dalam pemaparan singkatnya, Ketua Pokdarwis desa Sudaji menjelaskan mengenai potensi desa wisata sudaji dimana sudaji memiliki desa adat, desa dinas dan desa wisata. "Kami juga memiliki hamparan pemandangan sawah, hutan, perkebunan dan sungai yang luar biasa indah." ungkap Ketua Pokdarwis Sudaji. 

Lebih lanjut, Perbekel Sudaji juga memaparkan mengenai segala sumber daya alam dan sumber daya manusia yang telah tersedia di desa sudaji diantaranya Gandameru, Subak, Tracking, Festival Bukaka, Homestay, Kuliner, Kriya, Toilet Umum serta adanya kelembagaan desa. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga menyatakan bahwa desa Sudaji merupakan salah satu contoh penerapan desa wisata berbasis komunitas terbaik di Indonesia. Menteri Sandiaga mengharapkan agar desa Sudaji menjadi sebuah interkonektifitas untuk desa wisata di seluruh Bali Utara.

"Salah satu hal menarik di desa Sudaji adalah pertanian atau pangannya. Saat pelaksanaan konferensi G20 nanti semoga desa Sudaji bisa menjadi tujuan kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif. Kami juga menugaskan staff kami untuk stand by di tiap desa wisata di seluruh Bali serangkaian pelaksanaan G20 dan World Tourism Day" imbuh Menteri Sandiaga.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta dokumentasi bersama dan melakukan kunjungan ke beberapa objek wisata di desa Sudaji. 

Sebelum menghadiri acara inti, Menteri Sandiaga bersama rombongan terlebih dahulu melakukan jogging menyusuri desa Sudaji di pagi hari. "Saya senang bermalam di desa Sudaji karena benar-benar nyaman dan tenang serta jauh dari hiruk pikuk rutinitas perkotaan" ungkap Menteri yang juga mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini.