(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

"BULELENG HARAP SIAGA, ROOFTOP CREATIVE SPACE SEGERA HADIR"

Admin dispar | 22 Desember 2021 | 82 kali

Suasana Rapat hari ini (Selasa, 21/12/2021) di Ruang Rapat Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng terasa berbeda. Hal ini berangkat dari topik pembahasan rapat yakni mengenai rencana pembangunan Rooftop Creative Space (RCS) yang nantinya akan dikembangkan di lantai 3 Pasar Banyuasri Buleleng.

Rapat ini dipimpin oleh Asisten 2 Ekonomi dan Pembangunan Daerah Ni Made Rousmini, S.sos., M.AP, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos., MSi serta Ketua Komite Ekonomi Kreatif (Ekraf) Buleleng, Gede Subianta Eka Kresnawan. 

Dalam sambutan pembuka, Rousmini mengungkapkan bahwa nantinya pihak pengelola memerhatikan sarana dan prasarana yang belum termaksimalkan. Dalam presentasinya, Eka selaku ketua komite Ekraf Buleleng beserta dua anggota lainnya memaparkan mengenai konsep yang diusung dalam pembangunan RCS ini. "Secara umum, kita tidak mengubah apa yang sudah ada pada Pasar Banyuasri namun kita kelola lebih maksimal dan " memindahkan" apa yang orang cari diluar agar datang ke Lantai 3 Pasar Banyuasri ini salah satunya dengan cara membangun Food Court, Playground, Sport, Co working Space,  Zumba, Teater, Live Music, Public Event dan masih banyak lagi" ungkap Eka dengan penuh antusias. 

Ganesha sebagai anggota komite Ekraf juga menambahkan bahwa nantinya akan diadakan Mural Space pada beberapa titik agar nuansa "Anak Muda" lebih terasa di RCS nantinya dan akan dibangun Skate Area bagi komunitas pecinta skateboard. 

Hal ini tentu merupakan angin segar bagi kawula muda terlebih pelaku kreatif yang ada di Buleleng karena akan segera ada wadah yang menampung kegelisahan mereka dalam berkarya. Rapat ini turut dihadiri oleh beberapa SKPD serta stakeholder terkait diantaranya Direksi PD Pasar, Ketua Bappeda, PD Suatantra, Direksi BPD Bali

Kadis Pertanian, Kadis Ketapang dan Ikan, Kadis PU, Kadis Perdagangan,  Kadis Lingkungan Hidup dan seluruh pengurus komite ekonomi kreatif Buleleng. 

Dilain kesempatan, Putu Suardhana selaku Bagian Keuangan PD Pasar mengungkapkan ketertarikannya akan program pembangunan RCS ini mengingat pembangunan ini kelak akan memberikan kontribusi yang lebih baik bagi pasar Banyuasri itu sendiri. disamping itu, dalam RCS Area ini juga turut dibangun SOBEAN MART dimana SOBEAN MART ini akan menawarkan produk UMKM lokal serta olahan hasil pertanian terbaik yang dimiliki Buleleng sesuai dengan Motto Pasar Banyuasri yaitu THE SPIRIT OF SOBEAN. Tentu rencana ini masih belum sempurna dan akan terus dilakukan kajian dalam perencanaannya agar bisa memberikan hasil yang terbaik nantinya. "Program ini tentunya memerlukan semangat kolaboratif yang tinggi antara Pemda, Perumda PD Pasar dan Komite Ekraf Buleleng dalam realisasinya" ungkap Ganesha dalam pemaparan materinya.