(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

FOCUS GROUP DISCUSSION "PENGEMBANGAN TATA KELOLA PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KEPARIWISATAAN NASIONAL"

Admin dispar | 01 November 2023 | 46 kali

Denpasar, 1 November 2023

Dengan telah dilaksanakannya kegiatan pengumpulan serta penginputan data pada sistem kepariwisataan nasional (SISPARNAS), Dinas Pariwisata Provinsi Bali mengundang seluruh Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se-Bali untuk melaksanakan Focus Group Discussion Guna membahas hasil pengumpulan data kepariwisataan di Bali yang nantinya akan digunakan untuk mendukung pengembangan sistem kepariwisataan nasional. 

FGD ini dibuka oleh Bapak Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Bapak Tjok Bagus Pemayun, Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng diwakili oleh kepala bidang pemasaran untuk hadir pada FGD ini dan dilanjutkan dengan paparan hasil data oleh tim surveyor. 

Pembahasan ini memberikan gambaran jumlah DTW dan Industri Wisata yang sudah di survey oleh tim surveyor. Untuk kabupaten Buleleng masing-masing sudah dilakukan survey sebanyak 20 DTW, 20 Hotel, 20 Restoran/Rumah Makan, data tersebut sudah masuk ke sisparnas. 

Secara umum, ada beberapa kendala yang dialami tim surveyor sehingga saran Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali untuk mendapatkan data sekunder ketika data primer tidak terpenuhi, karena memang benar hampir seluruh Kabupaten/kota di Bali realita di lapangan sulit untuk didapatkan datanya secara real. Selanjutnya dimohon kepada Dinas Pariwisata Kabupaten/kota untuk dapat membantu memfasilitasi serta mendampingi kegiatan terkait. 

Masukan dari Kepala Bidang Pemasaran Agus Widya Suputra, SE,M.A.P menyarankan untuk kedepan, tim yang turun ke lapangan harus bertemu dulu pada setiap kab/kota, serta mengundang pengelola terkait untuk diajak rapat sehingga pengelola/pemilik industri sudah siap untuk memberikan data yang diminta. 

Kegiatan ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Pelaksanaan Tugas Pembantuan Pengembangan Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional Prov. Bali