(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Hadiri Pembukaan Nusa Penida Festival ke-7 Tahun 2024

Admin dispar | 10 Oktober 2024 | 4 kali

Nusa Penida, Klungkung – Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Agus Widya Suputra, menghadiri acara pembukaan Nusa Penida Festival ke-7 yang diselenggarakan pada tanggal 10-12 Oktober 2024. Festival ini merupakan agenda tahunan yang telah dimulai sejak tahun 2014, namun sempat terhenti selama tiga tahun akibat pandemi Covid-19. Dengan semangat baru untuk membangkitkan pariwisata dan mendorong perekonomian masyarakat, sejak tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Klungkung kembali menggelar festival yang kini menjadi bagian dari Kharisma Event Nusantara yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

Dengan mengusung tema "The Essence of Island Life", festival ini menampilkan keindahan alam Nusa Penida yang damai serta tradisi budaya yang unik, mencerminkan kehidupan sederhana dan harmoni dengan alam yang menjadi ciri khas kehidupan di pulau tersebut. Melalui tema ini, festival diharapkan dapat mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Klungkung, khususnya di Nusa Penida, meningkatkan jumlah dan lama kunjungan wisatawan, serta memperkuat perekonomian lokal dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Klungkung.

Selain itu, festival ini juga menjadi momentum penting untuk memajukan pariwisata Nusa Penida dan memperkuat perekonomian masyarakat setelah masa pandemi. Kehadiran berbagai pejabat daerah, termasuk PJ Gubernur Bali, PJ Bupati Klungkung, Forkopimda Kecamatan Nusa Penida, pimpinan OPD seprovinsi Bali, serta tokoh masyarakat dan insan pers, turut memberikan dukungan pada acara ini.

Nusa Penida Festival ke-7 ini diharapkan mampu menjadi inspirasi dan semangat baru bagi pariwisata Klungkung serta menjadi ajang yang menarik perhatian wisatawan untuk mengeksplorasi keindahan dan kekayaan budaya Nusa Penida.