(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

TINGKATKAN PROMOSI DESA WISATA, DISPAR BULELENG ADAKAN STUDI KOMPARASI KE DTW SENDANG SERUNI DI BANYUWANGI

Admin dispar | 22 Januari 2022 | 73 kali

Sabtu (21/1/2022) merupakan hari ketiga dalam agenda studi komparasi yang dilakukan oleh Dispar Buleleng ke Pemda Banyuwangi.

Pada hari ketiga studi komparasi ini, Dispar bersama Disbud gandeng BPPD dan PHRI Buleleng mengunjungi DTW Sendang Seruni yang terletak di desa Tamansari. Kadis Pariwisata Kabupaten Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa desa Taman sari ini dijadikan sebagai desa rujukan dalam hal penerapan tata kelola desa digital dimana rencananya pada tahun 2022 seluruh desa di Buleleng akan dijadikan desa wisata. Agus, selaku pokdarwis DTW Sendang Seruni menyampaikan bahwa desa Taman Sari ini memiliki tata kelola Desa  wisata yang baik sehingga mendapatkan anugrah ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) melalui dengan program digitalnya maka dari itu Dispar menjadikan desa ini sebagai desa rujukan dalam studi komparasi ini. 

Salah satu aspek penting dalam pengelolaan sosial media di Taman Sari Adalah komitmen untuk membangun ekosistem desa. Adapun jejaring konektifitas yang ada pada sistem pemerintahan Desa Taman Sari adalah masyarakat itu sendiri, adanya pihak ke 3, dukungan pemda dan lembaga desa serta program pembangunan desa.

Dispar Buleleng secepatnya akan menindaklanjuti hasil studi komparasi ini agar segera bisa dicanangkan pada program kedepannya.