(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

rapat koordinasi penyusunan Buku Neraca Bahan Makanan Tahun 2023

Admin dispar | 11 Oktober 2023 | 114 kali

Kepala dinas pariwisata kabupaten buleleng, dwakili oleh Elisabeth Maria Parinussa,ST selaku Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Muda  Bidang Pemasaran menghadiri rapat koordinasi penyusunan Buku Neraca Bahan Makanan Tahun 2023  bertempat di Ruang Rapat Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng. 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan drh. I Wayan Susila dan pemateri oleh Analis Ketahanan Pangan, SP, M.AP.  Rapat ini juga dihadiri perwakilan Badan Pusat Statistik Kabupaten Buleleng dan perangkat daerah Buleleng diantaranya perwakilan Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian, Dinas Dagperinkopukm, Dinas Dukcapil, Dinas Perhubungan, dan para Kabid Ketapangikan.

Neraca bahan makanan (NBM) adalah tabel yang memberikan gambaran menyeluruh tentang penyediaan/ pengadaan dan penggunaan/ pemanfaatan pangan di suatu wilayah (negara/provinsi/kabupaten/kota) dalam kurun waktu tertentu. Data yang digunakan untuk menyusun NBM berasal dari instansi terkait yang telah dipublikasikan secara resmi, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk melakukan evaluasi dan perencanaan pangan, serta sebagai bahan untuk perumusan kebijakan pangan dan perbaikan gizi masyarakat.  Data yang disampaikan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng untuk penyusunan Buku Neraca Bahan Makanan Tahun 2023 Kabupaten Buleleng adalah data kunjungan wisatawan ke Buleleng dan data lama tinggal wisatawan  tahun 2022.