(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Mewakili Kepala Dinas, Kabid Pemasara Pariwisata Menghadiri Simulasi Rescue Perayaan Hari Pencegahan Tenggelam Dunia atau World Drowning Prevention Day

Admin dispar | 01 Agustus 2022 | 47 kali

Bertempat di Pantai desa Sangsit, Buleleng, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala Bidang Pemasaran, Agus Widya Suputra, SE., MAP. menghadiri kegiatan Simulasi Rescue Perayaan Hari Pencegahan Tenggelam Dunia atau World Drowning Prevention Day pada Minggu (31/7) sore.
Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang tata cara penyelamatan terhadap korban tenggelam di perairan pantai utara Bali.
Ketua Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Sangsit sekaligus sebagai ketua pelaksana kegiatan, Agus Dharma, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dilakukan mengingat angka kematian akibat tenggelam terbilang cukup tinggi khususnya di Buleleng.
"Hari peringatan ini juga sebagai bentuk apresiasi atas peran aktif dan kesiapsiagaan dari Lifeguard, BPBD dan lintas sektoral lainnya dalam penanggulangan bencana kematian akibat tenggelam ini", ungkap Agus menambahkan.
Sementara itu, Kabid Agus Widya dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Buleleng memiliki garis pantai terpanjang di pulau Bali sehingga potensi pariwisata di bidang kemaritiman sangat besar.
"Hal tersebut juga mengakibatkan tingkat probabilitas wisatawan mengalami kecelakaan di pesisir pantai juga besar sehingga Balawista sepanjang pantai utara memiliki peran sangat penting sebagai tindakan preventif dalam upaya penyelamatan korban tenggelam." jelas Kabid Agus menambahkan.
Kegiatan hari ini merupakan implementasi dari Pelatihan Balawista yang digelar Dinas Pariwisata tiap tahunnya sehingga dapat memberikan sosialisasi dan edukasi tata cara penyelamatan korban tenggelam kepada masyarakat lebih luas.