(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Pembagian Buah Lokal dari Hasil Menabung Sampah: Program Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng

Admin dispar | 26 Februari 2024 | 102 kali


Menjelang perayaan Hari Raya Galungan yang semakin dekat, pada Senin (26/2) pagi, Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng meluncurkan program inovatif dengan menggelar kegiatan pembagian buah kepada pegawai lingkup Dinas Pariwisata Buleleng sebagai hasil dari program menabung sampah yang telah dilaksanakan sebelumnya serta dalam upaya meningkatkan kesadaran lingkungan dan mengelola sampah dengan lebih efektif.

"Ini merupakan sebuah wujud langkah nyata kita yang pertama untuk mengurangi pencemaran lingkungan terutama dari sampah plastik. Kemudian yang kedua, dalam rangka kegotong-royongan kebersamaan kita untuk bagaimana bersama-sama menjaga bumi kita ini dari pencemaran. Dan yang ketiga, serangkaian dengan hari raya Galungan." Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara dalam kesempatannya saat membuka acara pembagian buah.

Sementara itu, Sekretaris Dispar Buleleng, Putu Oka Sastra mengatakan, kegiatan pembagian buah ini dilaksanakan dalam rangka mensukseskan peraturan gubernur yang sudah keluar terkait pada pemanfaatan produk lokal. Buah yang dibagikan berdasarkan dengan pembelian melalui tabungan bank sampah yang dimiliki oleh masing-masing pegawai. Setiap hari Jumat setelah krida, setiap pegawai per minggunya tanpa terkecuali diwajibkan untuk membawa sampah khususnya sampah plastik dengan tujuan untuk mengurangi sampah-sampah plastik dan sampah-sampah lainnya yang berada pada lingkungan pegawai setempat.

"Jadi yang menjadi titik fokus adalah bagaimana kita bisa berkontribusi terhadap lingkungan kita masing-masing." tambahnya.
Diharapkan, keberlanjutan program ini dapat menjadi contoh positif bagi daerah-daerah lain dalam upaya menjaga kebersihan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.