(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Dispar Adakan Rapat Evaluasi Pelatihan Pengelolaan Homestay Tahun Anggaran 2022

Admin dispar | 09 Agustus 2022 | 94 kali

Bertempat di ruang rapat Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng telah dilaksanakan rapat evaluasi pelatihan pengelolaan homestay

tahun anggaran 2022. Rapat ini dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata Kadek Mila Pradnyani S.S., M. AP didampingi Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Ni Luh Made Enny Widhiyati, S. STP., MH. 

Pelaksanaan rapat evaluasi ini dinilai penting guna memberikan umpan balik terhadap panitia penyelenggara untuk memberikan pelayanan yang lebih baik pada pelatihan berikutnya. Adapun topik pembahasan dalam rapat evaluasi ini diantaranya pembahasan mengenai evaluasi penyelenggaraan, narasumber, lokasi study lapangan, konsumsi dan kamar yang digunakan selama kegiatan berlangsung pada Juli 2022. 

Kegiatan rapat evaluasi ini diikuti oleh beberapa peserta pelatihan pengelolaan Homestay dan perwakilan perbekel diantaranya perbekel Kubutambahan dan Sambangan. Dalam rapat evaluasi ini, mayoritas peserta mengatakan bahwa mereka sangat senang dengan pelaksanaan pelatihan pengelolaan homestay tempo lalu. Dalam penyampaiannya, perwakilan desa Sudaji mengatakan bahwa sebagai pelaku homestay sudah sewajibnya untuk menyuguhkan kearifan lokal seperti kuliner, budaya dan kehidupan masyarakat kepada wisatawan karena hal itulah yang para wisatawan cari. Disisi lain, peserta pelatihan dari desa Lemukih memberi masukan mengenai pemilihan peserta dimana dirinya berharap kepada Kepala Desa di tiap desa atau yang berkaitan agar memilih peserta sesuai dengan kemauan dan kemampuan bukan hanya sekadar mengikuti kegiatan.