Senin, 4 Oktober 2021
Bertempat di Aula Lovina Beach Club and Resort, telah berlangsung pelatihan Digitalisasi (Branding dan Penjualan Pada Destinasi Wisata, Desa Wisata dan UMKM di Kabupaten Buleleng). Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai 4 sampai 6 Oktober 2021. Diikuti oleh 40 peserta dari pihak DTW dan pelaku UMKM, pelatihan digitalisasi ini dibuka langsung oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata, Ni Made Rousmini, S.Sos., MAP. Adapun pemaparan materi yang disampaikan pada hari pertama ini ada tiga.
Materi pertama yaitu "Kebijakan dan Program Pembangunan Kepariwisataan Daerah untuk Pemasaran Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi" yang disampaikan oleh Plt Kadis Pariwisata, Ni Made Rousmini, S.Sos., MAP. Selanjutnya merupakan pemaparan materi oleh I Ketut Swabawa, CHA yang merupakan seorang akademisi dan professional trainer yang akan memberikan materi terkait "Pemasaran Digital dalam memajukan Pariwisata Berdaya Saing". Di akhir sesi akan ada pemaparan materi "Tahapan Pengembangan Pemasaran Digital" oleh I Putu Gede Parma, S.St.Par,M.Par. yang merupakan seorang akademisi dan praktisi pariwisata.
Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari ini tentunya didukung oleh penerapan protokol CHSE yang sangat ketat dimana semua peserta sudah melakukan Swab Test Antigen diawal pelatihan saat melakukan registrasi. Kepala Bidang Pemasaran Dispar Buleleng, Agus Widya Suputra, SE., MAP menyampaikan bahwa agar seluruh pelaku pariwisata dan UMKM agar mampu memanfaatkan teknologi secara optimal agar potensi pariwisata yang ada bisa terekspos dengan baik di media sosial. Disisi lain, Dian selaku salah satu peserta pelatihan mengungkapkan bahwa dirinya sangat antusian dalam mengikuti pelatihan selama 3 hari ini dan berharap agar potensi wisata di Buleleng bisa dikenal melalui dunia maya secara luas.