(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Guna Meningkatkan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Yang Ada Di Sektor Pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Kembali Melaksanakan Kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Alam Balawista Di Kabupaten Buleleng Tahun 2021

Admin dispar | 09 Desember 2021 | 90 kali

Bertempat di Aneka Lovina Villas & Spa Bali pada Kamis (9/11) pagi. Turut hadir dalam kesempatan ini, Plt Sekdispar Buleleng I Gede Sasnita Ariawan,  DPC PHRI Buleleng, narasumber yang kompeten di bidangnya dari Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Indonesia I Made Suparka dan Balawista Badung Agus Dharma, beserta peserta pelatihan.

Kegiatan pelatihan yang berlangsung selama 3 hari ini tanggal 9 hingga 11 Desember 2021 dibuka langsung oleh Plt Sekdispar Buleleng Gede Sasnita Ariawan yang diikuti oleh 40 peserta pelatihan. Sebelum memulai pemaparan materi, kegiatan diawali dengan sesi foto bersama.

Balawista sendiri dibutuhkan untuk melindungi, mengawasi dan menyelamatkan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata bahari dan tirta yang ada di Buleleng. Maka, untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada para wisatawan saat berkunjung, pelatihan Balawista ini sangat diperlukan bagi masyarakat maupun perangkat pemerintah yang ada di kawasan wisata tersebut. 

Selain itu kegiatan pelatihan diharapkan mampu mendorong peningkatan ekonomi daerah khususnya pelaku usaha pariwisata dan peserta pelatihan diharapkan mampu menerapkan ilmu yang diperoleh sebagai sarana awal untuk meningkatkan perekonomian lebih baik lagi. Diperlukan adanya dukungan partisipasi masyarakat secara aktif dan berkelanjutan. Oleh karena itu pelatihan ini perlu dilakukan demi berkembangnya pemandu wisata alam Balawista di kabupaten Buleleng. 

Pelatihan pemandu wisata alam Balawista ini dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Selain wajib memakai masker dan mencuci tangan, seluruh peserta diawali dengan rapid test yang dilakukan oleh petugas khusus. Materi yang disampaikan oleh narasumber pada hari ini adalah General Resuscitation dan General First Aid.

Download disini