(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Puri Kanginan Buleleng

Admin dispar | 07 Mei 2019 | 3456 kali

Puri Kanginan adalah sebuah bukti peninggalan sejarah dari kerajaan Buleleng. Puri Kanginan yang berfungsi sebagai tempat kediaman keluarga bangsawan dan juga sebagai pusat pemerintahan pada jamannya, berlokasi pada posisi yang strategis.

Wajah Puri menghadap ke arah Barat dengan halaman depan langsung mengakses perempatan jalan utama atau yang disebut Catus Pata. Pekarangan Puri berada di atas tanah yang agak tinggi dibanding sekitarnya. Mulai dari halaman yang paling tinggi terletak di hulu Timur disebut Uttama Mandala, kemudian sedikit menurun ke halaman tengah atau Madya Mandala dan menurun lagi ke halaman luar atau Kanista Mandala sampai ke pintu luar atau pemedal menuju jalan raya atau marga agung.

Masing-masing mandala dikelilingi tembok pembatas, sedangkan ke setiap Mandala dihubungkan dengan Kori. Puri ini diperkirakan sudah ada pada akhir abad ke 18. Tetapi nama Puri Kanginan mulai sekitar tahun 1830an. "Kanginan" dari kata Kangin berarti Timur. Puri Kanginan artinya istana di sebelah Timur persimpangan empat "Catus Pata" dan juga disebelah Timur pasar. Dulu lokasinya di banjaran "Dangin Peken" (Timur Pasar). Sekarang Puri Kanginan berada di Banjar "Delod Peken" (Utara Pasar). Bukan Purinya yang pindah tetapi karena pasar Buleleng dipindahkan ke tempatnya sekarang pada disekitar tahun 1898.

Download disini