(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Bali Park Dasong

Admin dispar | 21 Desember 2018 | 2481 kali

Bali Park Dasong (Bali Bike Park)
Banyak yang sudah yang mengakui pesona alam Bali. Tak hanya pantai, pulau ini juga memiliki kawasan alam pegunungan danau yang menawan. Karenanya, tak hanya pecinta pantai, Bali juga menarik bagi kalangan pecinta alam, termasuk penggemar sepeda gunung.


Bagi penggemar sepeda gunung, Bali sendiri sudah dikenal sebagai destinasi yang menarik. Salah satu penyebabnya adalah berkat penyelenggaraan kejuaraan downhill internasional yang digelar hampir setiap tahun. Tapi, diluar event tersebut, para penggemar MTB bisa tetap memacu adrenalin dengan tunggangan kesayangannya di kawasan yang dinamakan Bali Bike Park.
Sejatinya, Bali Bike Park merupakan memeiliki beberapa jalur sepeda yang bisa dinikmati oleh para penggemar MTB. Jalur tersebut juga beragam baik dari sisi genre maupun skill peserta. Hingga kini, tempat ini telah dikunjungi oleh sejumah rider MTB top dunia, diantaranya Kurt Sorge dan 3 rider tim Polygon UR - Sam Reynolds, Fabien Cousinie- yang berkunjung beberapa waktu lalu.


Kawasan perbukitan di desa Pancasari, Sukasada, Buleleng, adalah salah satu area yang dikelola oleh Bali Bike Park. Terletak di sekitar danau Buyan, di tempat ini memiliki tujuh jalur sepeda (track) dengan karakter serta tingkat kesulitan yang berbeda. Track yang ada dikawasan ini didesain sedemikian rupa untuk bisa dinikmati oleh rider dari kalangan pemula hingga ahli (expert).
Jalur yang dinamakan Hypsta misalnya. Jalur ini ditujukan bagi semua kalangan ? pemula atau anak-anak. Secara umum, jalur ini memiliki medan yang menurun dan sejumlah kawasan yang dipenuhi akar pohon dan berm. Meski demikian, tetap saja. Bila lengah, jalur sepeda sepanjang sekitar 1,2km ini bisa ?melempar? rider dari sepedanya.


Selain ketujuh jalur yang ada, di sini juga terdapat 2 area yang khusus direkomendasikan untuk kalangan expert, yakni Aerodrome dan Black Panther-area khusus yang dibuka oleh salah satu freerider top dunia, Nick Pescetto. Di kedua area tersebut terdapat sejumlah area lompatan yang menantang dan berbahaya.


Untuk kenyamanan para pesepeda, di tempat ini turut disediakan kafe dan toko suvenir termasuk toilet. Dari sini pula, para pesepeda akan diantar ke lokasi start yang berada sekitar 15 menit bila ditempuh dengan kendaraan bermotor.
Untuk menikmati lintasan di tepi danau Buyan, para pesepeda cukup membeli tiket seharga sekitar Rp 385.000 (khusus rider asal Indonesia). Selain itu, Bali Bike Park menyediakan kendaraan dari area Canggu yang bisa dinikmati dengan membayar biaya sebesar Rp 200 ribu per orang.


Bila masih terasa kurang, Bali Bike Park juga memiiliki jalur lain dengan genre yang berbeda yang biasa dinikmati, mulai dari enduro di kawasan Bali tengah (Gunung Batur) hingga downhill. Bali Bike Park juga bekerjasama dengan fasilitas akomodasi The Chillhouse yang berada di kawasan Canggu, yang juga memiliki fasilitas penyewaan sepeda berikut perlengkapannya. Bali Bike Park beroperasi setiap hari, kecuali hari Minggu.