(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Air Panas Banjar Daya Tarik Wisata Kabupaten Buleleng, Bali

Admin dispar | 21 Agustus 2023 | 56 kali

Pulau Bali yang disebut Pulau Dewata dan Pulau seribu pura memiliki sangat banyak daya tarik disetiap jengkal tanahnya. Kabupaten Buleleng sebagai salah satu Kabupaten di Bali memiliki banyak daya tarik wisata alam dan budaya yang dapat dikemas ke dalam berbagai jenis  wisata seperti: wisata alam, wisata sejarah, wisata buatan, wisata agro, wisata spiritual dan ekowisata yang sedang disegani oleh wisatawan terutama wisatawan. Melihat potensi-potensi tersebut perlu adanya strategi pemasaran yang tepat sehingga sasaran dan tujuan dapat dicapai oleh karena itu perlu dikembangkan suatu model pemasaran objek dan daya tarik wisata serta fasilitas wisata sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata di Kabupaten Buleleng.

Salah satunya yaitu pemandian air panas banjar. Lokasi dari pemandian air panas Banjar terdapat di sebuah desa di Bali Utara ,yakni desa Banjar kabupaten Buleleng. Untuk mencapai lokasi pemandian air panas Banjar, akan menempuh jarak 19 dengan waktu tempuh  30 menit perjalanan. Pemandian air panas itu sudah sangat terkenal di mata turis lokal maupun internasional, karena air panas banjar ini memiliki keindahan yang luar biasa, selain keindahannya air panas banjar juga memiliki manfaat yang berguna bagi pengunjung yang ingin merasakan rileksasi berendam di air panas. Melihat potensi-potensi tersebut perlu adanya strategi pemasaran yang tepat sehingga sasaran dan tujuan dapat dicapai. Oleh karena, perlu dikembangkan suatu model pemasaran objek dan daya tarik wisata serta fasilitas wisata sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata di Kabupaten Buleleng.

Di era perkembangan teknologi sekarang, setiap destinasi wisata berlomba-lomba untuk mempromosikan dengan digital marketing. Salah satunya berbentuk video, baik reel instagram, instastory, tiktok dan media sosial lainnya. Video merupakan sebuah media informasi yang ditujukan kepada forum umum berupa bentuk yang berisi gambar dan suara. Video Promosi adalah video yang isinya mempromosikan suatu produk atau tempat guna untuk mempromosikan dan mendapat loyalitas tempat dan produk tersebut kelebihan dari sebuah video menyimpan keunikan yang lebih aktif sebab sudah memiliki audio dan visual yang tak dipunyai oleh media lain dan project tersebut. Adapun salah satu ide video promosi Kabupaten Buleleng sebaiknya mencakup empat sektor wisata yaitu : wisata spiritual, wisata alam, wisata sejarah, wisata buatan. Manfaat yang dihasilkan dari video ini adalah meningatkan minat kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara serta memberikan informasi detail terkait wisata Buleleng.

Selain dengan video promosi, alternatif lainnya adalah memanfaatkan website tentang destinasi wisata. Pengembangan daya tarik wisata yang ada di Kabupaten Buleleng tentunya tidak hanya dilaksanakan oleh pihak pengelola saja, namun perlu adanya dukungan semua pihak yang ada di wilayah Daya Tarik Wisata.


Artikel By :Putu Savika Nirvanayani Mahasiswa STIE 2023