Pulau Bali yang disebut Pulau Dewata dan Pulau seribu
pura memiliki sangat banyak daya tarik disetiap jengkal tanahnya. Kabupaten
Buleleng sebagai salah satu Kabupaten
di Bali memiliki banyak daya tarik wisata alam dan
budaya yang dapat dikemas ke dalam berbagai jenis wisata seperti: wisata
alam, wisata
sejarah, wisata
buatan, wisata agro, wisata
spiritual dan ekowisata yang sedang disegani oleh wisatawan terutama wisatawan.
Melihat potensi-potensi
tersebut perlu adanya strategi pemasaran yang tepat sehingga sasaran dan tujuan
dapat dicapai oleh karena itu perlu dikembangkan suatu model pemasaran objek
dan daya tarik wisata serta fasilitas wisata sebagai upaya untuk meningkatkan
jumlah kunjungan wisata di Kabupaten Buleleng.
Salah
satunya yaitu pemandian air panas banjar. Lokasi dari pemandian air panas
Banjar terdapat di sebuah desa di Bali Utara ,yakni desa Banjar kabupaten
Buleleng. Untuk mencapai lokasi pemandian air panas Banjar, akan menempuh jarak
19 dengan waktu tempuh 30 menit
perjalanan. Pemandian air panas itu sudah sangat terkenal di mata turis lokal
maupun internasional, karena
air panas banjar ini memiliki keindahan yang
luar biasa, selain
keindahannya air panas banjar juga memiliki manfaat yang berguna bagi
pengunjung yang ingin merasakan rileksasi berendam di air panas. Melihat
potensi-potensi tersebut perlu
adanya strategi pemasaran yang tepat sehingga sasaran dan tujuan dapat dicapai. Oleh karena, perlu dikembangkan suatu
model pemasaran objek dan daya tarik wisata serta fasilitas wisata sebagai
upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata di Kabupaten Buleleng.
Di era perkembangan teknologi sekarang, setiap
destinasi wisata berlomba-lomba untuk mempromosikan dengan digital marketing.
Salah satunya berbentuk video, baik reel instagram, instastory, tiktok
dan media sosial lainnya. Video merupakan sebuah
media informasi yang ditujukan kepada forum umum berupa bentuk yang berisi
gambar dan suara. Video Promosi adalah video yang isinya mempromosikan suatu
produk atau tempat guna untuk mempromosikan dan mendapat loyalitas tempat dan
produk tersebut kelebihan dari sebuah video menyimpan keunikan yang lebih aktif
sebab sudah memiliki audio dan visual yang tak dipunyai oleh media lain dan
project tersebut. Adapun salah
satu ide video promosi
Kabupaten Buleleng sebaiknya mencakup
empat sektor wisata yaitu : wisata spiritual, wisata alam, wisata sejarah,
wisata buatan. Manfaat yang dihasilkan dari video ini adalah meningatkan minat
kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara serta memberikan informasi detail
terkait wisata Buleleng.
Selain dengan video promosi, alternatif lainnya adalah memanfaatkan website tentang destinasi wisata. Pengembangan daya tarik wisata yang ada di Kabupaten Buleleng tentunya tidak hanya dilaksanakan oleh pihak pengelola saja, namun perlu adanya dukungan semua pihak yang ada di wilayah Daya Tarik Wisata.
Artikel By :