(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

Pura Beji Sangsit: Lokasi dan Sejarah Lengkapnya

Admin dispar | 27 November 2022 | 95 kali

- Bukan rahasia lagi bahwa Bali memiliki berbagai peninggalan budaya seperti candi, prasasti, dan pura. Pura Beji Sangsit menjadi salah satu dari sekian pura yang ada di Bali. Uniknya, pura satu ini tidak memiliki peninggalan sejarah yang membuktikan waktu dibangunnya. Ingin mengetahui sejarah, lokasi, dan fakta lainnya seputar Pura Beji Sangsit? Simak artikel berikut ini!

Sejarah Pura Beji Sangsit
Mengutip disbud.bulelengkab.go,id, meski sejarah dibangunnya Pura Beji Sangsit sulit dipastikan karena peninggalan sejarahnya tidak ditemukan, nama dan keadaan yang dimiliki Pura Beji Sangsit membantu para ahli memperkirakan kapan pura ini dibangun. Beji memiliki arti 'permandian' atau 'sumur' yang menandakan kesuburan. Sementara itu, sebelah timur Pura Beji Sangsit memiliki bekas sumber mata air yang dulunya digunakan sebagai kolam.

Setelah ditelusuri, para petani yang sangat memerlukan air untuk pengairan persawahan ternyata mengatur pengairannya melalui subak. Subak sendiri adalah organisasi pengairan yang dikenal sejak tahun 1074 Masehi atau abad ke-11, yaitu saat zaman pemerintahan markata. Akhirnya, Pura Subak Beji didirikan. Sebutan ini lebih dikenal oleh masyarakat luar, bahkan hingga saat ini.

Salah satu bangunan di Pura Beji, yaitu Gedong Simpen, memiliki patung wanita Dewi Sri di puncaknya. Patung tersebut melambangkan kesuburan sehingga Pura Beji yang dikenal sekarang menjadi perkembangan lebih lanjut dari Pura Subak atau Pura Bedugul yang ada di Desa Sangsit.

Pura Subak Beji atau Pura Beji Sangsit memiliki makna dan manfaat yang besar bagi Desa Sangsit, terutama bagi para petani. Salah satu manfaatnya adalah sebagai tempat suci untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan terhadap Ida Sanghyang Widhi.

Salah satu pelinggih atau tempat penghayatan yang ada adalah Ida Betara di Pura Desa Pengastulan. Masyarakat dapat memohon keselamatan, terutama air suci untuk memberantas hama tanaman. Ida Betara di Pura Manasa Sinabun juga masih dipuja-puja karena masyarakat Desa Sangsit merasa masih memiliki hubungan batin terhadap Pura Desa Manasa di Sinabun.

Lokasi dan Rute menuju Pura Beji Sangsit
Pura Beji berlokasi di Desa Sangsit, Kecamatan Sawan, dengan jarak sekitar 8 km dari kota Singaraja ke arah timur. Pura satu ini dapat dikunjungi dengan penggunaan kendaraan bermotor yang memakan waktu 10 menit dari kota Singaraja. Lokasi pura ini datar dan tidak jauh dari pantai. Lingkungan sekitarnya pun berupa persawahan sehingga keindahan dan kesejukan pantainya bertambah berkali-kali lipat.

Keunikan dan Daya Tarik Pura Beji Sangsit
Layaknya pura lainnya, Pura Beji Sangsit juga memiliki sejumlah keunikan dan daya tarik khusus yang menjadikannya menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah berbagai keunikan dan daya tariknya:

1. Pura yang Indah
Dikutip dari online travel agency, Pura Beji Sangsit menjadi salah satu pura yang terkenal indah. Pura ini sendiri mempunyai area seluas 2500 m² dengan lebarnya 25 m dan panjang mencapai 10 m. Lokasinya cukup datar dan tidak jauh dari pantai. Sementara itu, area sekitarnya merupakan persawahan sehingga menambah kesejukan dan keindahan area wisatanya.

2.Keindahan Budaya
Daerah Pura Beji Sangsit memiliki sejumlah relief hiasan bangunan yang menarik dan terletak di Jeroan Pura. Salah satunya yaitu:

- Gedong Simpen
Gedong Simpen merupakan pelinggih terbesar yang terletak di tengah bebaturan. Terdapat ular naga yang menghiasi setiap sudut atap gedong dan patung Dewi Sri beserta burung kakak tua pada puncaknya. Selain itu, Gedong Simpen juga penuh dengan hiasan khas Bali Utara.

- Upacara Purnamaning Sasih Kapat
Daya tarik selanjutnya adalah upacara Purnamaning Sasih Kapat. Upacara satu ini berlangsung pada hari piodalan setiap setahun sekali. Pada akhir ritual, upacara ditutup dengan penggunaan ayam untuk diberikan ke pelinggih Dewa Ngurah Braban. Upacara ini dilakukan sebagai simbol Dewa Wisnu sekaligus memohon berkah Sang Hyang Widhi Wasa.

Selengkapnya silahkan kunjungi link berikut : https://www.detik.com/bali/wisata/d-6418451/pura-beji-sangsit-lokasi-dan-sejarah-lengkapnya