(0362)21342
disparbuleleng@yahoo.com
Dinas Pariwisata

The Twin Lake, Danau Indah dan Sarat akan Budaya di Buleleng

Admin dispar | 29 Mei 2022 | 99 kali

Selain pesona pantainya yang indah, Bali juga memiliki pesona alam lainnya yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, yaitu danau. Di Bali, kamu bisa menemukan 4 danau besar nan indah yang sudah cukup populer di kalangan wisatawan, yaitu Beratan, Batur, Buyan, dan Tamblingan. Danau Buyan dan Danau Tamblingan, dua danau yang berada di Buleleng dan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan danau lainnya yang ada di Bali. Karena letak mereka yang berdampingan, kedua danau ini sering dijuluki sebagai the Twin Lake.

Menurut sejarahnya, the Twin Lake merupakan kaldera tua hasil letusan dari Gunung Lesung yang dulunya pernah aktif. Seiring berjalannya waktu, Gunung Lesung tidak pernah aktif kembali dan ditumbuhi banyak pepohonan lebat yang sekarang mengelilingi Danau Buyan dan Danau Tamblingan. Tentunya, hal ini menambah kesan panorama alam yang asri dan dan sejuk dari the Twin Lake. Banyak aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Danau Buyan dan Danau Tambligan, seperti camping di tepi danau, trekking menelusuri hutan di sekitar danau, maupun berperahu sembari menikmati pesona alam dan ketenangan yang ditawarkan oleh kedua danau ini.

Tak hanya sebagai spot wisata alam yang indah, faktanya, keberadaan Danau Buyan dan Danau Tamblingan sangat lekat dengan budaya masyarakat Buleleng. Air yang melimpah di Danau Buyan dan Danau Tamblingan telah menjadi sumber air utama untuk mengairi sawah-sawah dan berkaitan erat dengan keberlangsungan Subak-Subak yang ada di Buleleng. Keberadaan Subak dipandang sebagai manifestasi dari konsep Tri Hita Karana karena mewakilkan kehidupan bermasyarakat di Bali dalam menjaga keseimbangan hidup. Karena hal ini juga, Subak ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO karena dinilai memiliki keunikan dan keaslian budaya yang harus dilestarikan. Tak heran jika kelestarian alam, baik di sekitar maupun di Danau Buyan dan Danau Tamblingan, sangat dijaga karena hal ini bisa berdampak pada keseimbangan ekosistem dalam menunjang keberlangsungan Subak-Subak di Buleleng.

Pesona alam Danau Buyan dan Danau Tamblingan memang tidak kalah saing dengan danau lainnya. Diapit dengan hutan asri dan suasana yang sejuk, the Twin Lake memberikan kesan menenangkan dan alami bagi para wisatawan. Dalam aspek budaya pun, keberadaan Danau Buyan dan Danau Tamblingan sangatlah penting karena telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Buleleng yang dapat kita lihat dari Subak-Subak yang masih tetap dilestarikan.