Kegiatan Bali Vernadoc 2019 di Desa Pedawa

  • Admin Dispar
  • 12 April 2019
  • Dibaca: 257 Pengunjung

Prof DR A.A.A Oka Saraswati selaku Ketua program study Arsitektur Universitas Udayana bersam Dr. Julie Nichols selaku pembina ataupun koordinator dari University of South Austrlia di sambut baik oleh Perbekel Desa Pedawa Putu Sudarmadja dan Camat Banjar dalam rangkaian kegiatan pembukan Bali Vernadoc 2019 di Desa Pedawa, Jumat, (12/4).

Kali ini Bali Vernadoc 2019 yang merupakan program UNESCO bekerjasama dengan beberapa negara seperti Thailand, Australia Malaysia, Irlandia, Indonesia, berkesempatan untuk melakukan kegiatan di Rumah Tua Bandung Rangki yang bertujuan untuk mendokumentasi rumah asli Desa Dedawa dalam bentuk gambar arsitektur, dibukukan dan juga nanti hasilnya dipamerkan di CUsh Cush Galery di Denpasar, dan dipromosikan Australia, Laiden Netherlands Belanda dan berbagai negara di belahan dunia.

Sebanyak 45 Orang Mahasiswa yang mengambil jurusan arsitektur dari berbagai kalangan akan melaksanakan kegiatan tersebut di Desa Pedawa dari tanggal 12 April hingga 19 april 2019.

Kegiatan tersebut merupakan Tata cara pengukuran dan teknik penggambaran dengan menggunakan alat-alat konvensional yang sudah lama ditinggalkan merupakan hal yang utama. Penjelasan terhadap proses team work dari peserta dan bagaimana proses mulai dari pengukuran, dokumentasi foto dan video serta wawancara terhadap penduduk local dilakukan untuk dapat mendokumentasikan secara lengkap dan utuh segala unsur tangible dan intangible dari obyek yang digambar yaitu rumah adat.

Kegiatan tersebut sangat disambut baik karena di samping merupakan bentuk pelestarian dan penguatan konsep rumah adat di zaman era globalisasi ini juga merupakan ajang promosi pariwisata khususnya di Desa Pedawa karena dari berbagai kalangan bisa meneliti dan mendokumentasikan rumah adat bandung rangki sehinga secara tidak langsung telah mempromosikan pariwisata Buleleng.

Share Post :